Hubungan Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ptlr Batan

Herudini Subariyanti

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, hubungan antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan,  hubungan antara motivasi kerja, kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan  pada karyawan PTLR BATAN. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu penelitian yang berupaya menjelaskan hubungan antara variabel bebas (independent variables)   dengan variabel terikat (dependent variables) melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas terdiri dari motivasi kerja dan kepuasan kerja sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja karyawan. Desain penelitian adalah penelitian sampel acak yang dilakukan terhadap 120 sampel karyawan PTLR BATAN, teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode statistik dengan bantuan program komputer SPSS 12.00, dengan teknik analisis deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, dan uji asumsi dasar. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja  terhadap kinerja karyawan,   terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja  terhadap kinerja karyawan,   terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.  

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Terhadap Intensi Keluar. Jurnal Bisnis dan Akuntansi No. 1, Hal 335-352.

Djarwanto, P. d. (1998). Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.

Djarwanto, P. (1998). Statistik Sosial Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Gibson, J. a. (1997). Organization ehavior Structure Processes tenth Edition. USA: Irwin McGraw-Hill.

Minner, J. (1992). Industrial Organization Psycology. New York: McGraw-Hill.

Rivai, H. A. (2001). Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Intensi Keluar. Jurnal Bisnis dan Akuntansi No. 1 , Hal 335-352.

Robbins, S. &. (1999). Management, Sixth Edition. Prentice Hall Inc.

Robins, S. (1993). Organization Behavior: Concept Application and Controversies. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Sekaran, U. (1992). Research Method for Business. New York: John Willey&Sons Inc.

Siswanto, H. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umar, H. (2007). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2102

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License