Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media

M. Fariz Syahbani, Arry Widodo

Sari


ABSTRAK

Melakukan promosi melalui akun food blogger adalah cara yang saat ini sedang diminati oleh berbagai pelaku usaha kuliner untuk memperkenalkan restoran mereka, khususnya pada mahasiswa yang berada di Kota Bandung. Blogger memiliki dampak yang signifikan karena orang mencari informasi melalui situs sosial sebelum melakukan pembelian. Dengan kata lain, food blogger menjadi patokan bagi orang-orang dalam mempertimbangkan apakah restoran tersebut pantas untuk dikunjungi atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi melalui food blogger pada media sosial instagram terhadap minat beli mahasiswa di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif – kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 mahasiswa di Kota Bandung yang menggunakan instagram dan mengetahui adanya fenomena food blogger terutama di kalangan mahasiswa di Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian, promosi melalui food blogger pada media sosial instagram berada dalam kategori baik. Minat beli mahasiswa di Kota Bandung dalam kategori baik. Promosi melalui food blogger pada media sosial instagram berpengaruh  secara parsial yang terdiri dari context, communication, collaboration  dan connection terhadap minat beli mahasiswa di Kota Bandung dan berpengaruh secara simultan terhadap minat beli mahasiswa di Kota Bandung. Dari penelitian ini terlihat bahwa melalui instagram sebagai media promosi yang efektif dapat memberikan penjelasan dan pesan yang disampaikan secara efektif dan efisien karena menampilkan berbagai macam konteks dengan fitur multimedia yang baik.

Kata Kunci : Promosi, Social Media Marketing, Food Blogger, Minat Beli

ABSTRACT

Do promotions through food blogger account is the way that is currently being sought after by the culinary business operators to introduce their restaurant. Bloggers have a significant impact of people searching for information through social sites before making a purchase. In other words, the food blogger become a benchmark for people in considering whether or not a restaurant worth visiting. This research aims to determine of promotion through food blogger on social media instagram towards purchase intention of college student in Bandung. This research is a quantitative research. The method used is descriptive - causal. The sampling technique used is a non-probability sample of the type of incidental sampling. The data collection was distributed with questionnaires to 400 respondents who are collage students in Bandung was using instagram and recognizing the phenomenon of food bloggers as media promotion. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The research results, food blogger promotion through social media on instagram be in good category. Purchase intention of college student at Bandung in good categories. Promotion through food blogger on social media instagram partial effect consisting of context, communication, collaboration and connection to the buying interest of collage students in Bandung and simultaneously influence the buying interest of collage students in Bandung. From this study, it appears that through the instagram as an effective media campaign can provide an explanation and the message delivered effectively and efficiently for displaying a variety of contexts with good multimedia features.

Keyword : Promotion, Social Media Marketing, Food Blogger, Purchase Intention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Berita Halaman. (2015, Agustus 10). Sejarah Singkat Instagram. Diambil kembali dari Berita Halaman: http://www.beritahalaman.com/2015/08/sejarah-singkat-instagram.html

Cahyanti, M. M. (2016). Food Blogger's Information and Puchase Decision : A Moderating Role of Positive E-WOM Motivation. Jurnal JIBEKA Volume 10 Nomor 1 Februari 2016 : 28 – 33, 31.

DVS. (2015, Februari 18). Pemasaran Melalui Food Blogger. Diambil kembali dari Food Service Today: http://foodservicetoday.co.id/page/content/pemasaran_melalui_food_blogger/Market-Trend-dan-Analysis

Felix, R., Rauschnabel, P. A., & Hinsch, C. (2016). Elements of Strategic Social Media Marketing: A Holistic Framework. Journal of Business Research, 1-9.

Hanifati, A. N. (2015). The Impact of Food Blogger toward Consumer's Attitude and Behavior in Choosing Restaurant. Internasional Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS) Volume 3, Issue 3 (2015), 153.

Hauer, C. (2010). Dalam B. Solis, Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build Cultivate and Measure Success on The Web (hal. 263). New Jersey: John Wiley & Sons.

Investopedia. (t.thn.). Social Media Marketing (SMM). Diambil kembali dari investopedia: http://www.investopedia.com/terms/s/social-media-marketing-smm.asp

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th E). New Jersey: Prentice Hall.

Lu, L.-C., Chang, W.-P., & Chang, H.-H. (2014). Consumer Attitudes toward Blogger's Sponsored Recomendations and Purchase Intention: The Effect of Sponsorhip Type, Product Type, and Brand Awareness. Computer in Human Behavior 34 (2014), 31.

Lukhardianti, A. (2017, Februari 2). Menelusuri Keunikan Kota Bandung Lewat Wisata Sepeda. Diambil kembali dari http://gayahidup.republika.co.id: http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/17/02/02/okqdh3284-menelusuri-keunikan-kota-bandung-lewat-wisata-sepeda

Mastrodicasa, J. (2013). The Impact of Social Media on College Students. Journal of College & Character Volume 14, No. 1, February 2013, 21.

Muthohar, M., & Triatmaja, A. R. (2013). Pengaruh Endorser Ulama Terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Maret 2013, Hal. 86-99, 91.

Philip, L. (2016). Impact of Food Blogs on The Readers. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR) Vol-2, Issue-6, 2016 ISSN: 2454-1362, 138.

Ridwan. (2016, Agustus 31). 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis. Diambil kembali dari Redaksi: http://redaksi.co.id/82380/10-media-online-untuk-melakukan-promosi-bisnis.html

Rohaeni, H. (2016). Peran Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. Ecodemica, Vol. IV, No. 2, September 2016, 225.

Saufika, A., Retnaningsih, & Alfiasari. (2012). Gaya Hidup dan Kebiasaan Makan Mahasiswa. ISSN: 1907 - 6037, 164.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2012). Perilaku Konsumen. Indeks.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Techinasia. (2014, Juli 24). Bagaimana media sosial bisa menjadi alat pemasaran yang kuat dan juga murah untuk startup Anda. (M. Ho, Editor) Diambil kembali dari Techinasia: https://id.techinasia.com/media-sosial-alat-pemasaran-startup-murah-efektif

Techinasia. (2016, Januari 15). Indonesia Ternyata Pengguna Instagram Terbanyak Ketiga di Dunia. (F. Y. Iriansyah, Editor) Diambil kembali dari Techinasia: https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-instagram-indonesia

Viva. (2016, Juli 26). Lima Kota Pendidikan Terbaik di Indonesia. (Sumiyati, Editor) Diambil kembali dari Viva.co.id: http://log.viva.co.id/news/read/801165-lima-kota-pendidikan-terbaik-di-indonesia

Widodo, A., Yusiana, R., & Stevanie, C. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Pada Ades (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University). Ecodemica. Vol III. No.2 September 2015, 529.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v1i1.1426

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License