Strategi PT. Indosat Tbk dalam Mensosialisasikan Nama dan Logo Kepada Customer

Karina Utami Putri, Raffiudin Akil, Melati Kusuma Wardhani

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pentingnya pemahaman mengenai sosialisasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam merubah nama dan logo baru sebagai cerminan identitas suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang dilakukan PT. Indosat Tbk dalam mensosialisasikan nama dan logo baru kepada customer yang sesuai dengan strategi komunikasi 7C Cutlip & Center. Metode penelitian adalah kualitatif dengan eknik pengumpulan data primer melalui wawancara dan data sekunder dari buku – buku yang relevan dengan penelitian, dokumen perusahaan dan internet. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles & Hubberman sementara eknik pemeriksaan kepercayaan berupa triangulasi sumber. Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi 7C oleh Cutlip & Center yaitu kredibilitas yang cukup dalam melakukan sosialisasi dengan dibantu oleh divisi yang terkait, konten dan konteks yang disampaikan sesuai dan dapat dimengerti, kesinambungan dan konsistensi isi pesan selalu diperhatikan, saluran komunikasi telah optimal mencakup media cetak, elektronik, dan tatap muka.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, M. Linggar. (2000). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di

Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.

Prihadi, S.D (2015 November 19). Cerita di Balik Pergantian Nama Indosat

Ooredoo. Diperoleh dari: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151119144444-213-92736/cerita-di-balik-pergantian-nama-indosat-ooredoo/

Suryanto, S. (2015) Pengantar Ilmu Komunikasi: Jakarta, Pustaka Setia

Cutlip, Scott M., (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana. Ed. 9

Indosat Reborn Menjadi Indosat Ooredoo (2015 November 20). Diperoleh dari:

https://www.kotasubang.com/7118/indosat-reborn-menjadi-indosat-ooredoo

Indosat Ooredoo Catat Pertumbuhan yang Kuat di Semester 1 2017, Laba Bersih

Naik 83,2% sebesar Rp.784,2 Miliar (2017 Agustus 9). Diperoleh dari:

https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/press

release/indosat-ooredoo-catat-pertumbuhan-yang-kuat-di-semester-1

-laba-bersih-naik-83-2-sebesar-rp-784-2-miliar

Tampilan Baru Website Indosat Ooredoo (2014 Desember 23). Diperoleh dari:

https://indosatooredoo.com/id/about-indosat

Iklan Indosat- Kini Berubah Nama Menjadi Indosat Ooredoo (2015 November 20).

Diperoleh dari: https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate

profile

Aplikasi myIM3 Indosat Ooredoo (n.d). Diperoleh dari:

https://myim3.indosatooredoo.com/

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku

Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5547

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License