ANALISIS HASIL BELAJAR KONSEP PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA

Yohamintin Yohamintin

Abstract


Strategi Critical Insident dalam pembelajaran mahasiwa aktif pada mata kuliah Konsep Pembelajaran IPA dapat menjadi sarana mahasiswa belajar aktif dan meningkatkan hasil belajar dengan strategi inovatif. Penelitian  ini menganalisa hasil belajar Konsep Pembelajaran IPA pada  materi Ekosistem dilihat dari penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini menggunakan Classroom Action Research  karena peneliti bertindak langsung dalam penelitian. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya  tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan strategi critical insident dan kelas kontrol (2) keterampilan pembelajaran dan penguasaan konsep IPA materi Ekosistem pada kelas yang menggunakan strategi critical incident lebih tinggi daripada kelas kontrol (3) hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi belajar aktif critical insident.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya

Catherine Marshall and Gretchen B. Rossman. 2006. Designing Qualitative Research (SIXTH EDIT). Texas: SAGE.

Irham, Mohammad & Ardy W, Novan., 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Keraf, Gorys, 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing:38-40

Milles, Matthew B. & A. Huberman, Michael. 2007. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset: 178.

Nurgiantoro, Burhan. 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto, M. Ngalim, 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sabri, Ahmad, 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Silberman, 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nusa Media.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.. Jogjkarta: Javalitera.

Sumardi, Y. dkk. 2009, Konsep Dasar Ipa di SD, Edisi 7, Universitas Terbuka,. Jakarta

.Suwardi. Manajemen Pembelajaran. Surabaya: Jp Books, 2007. h. 63

Surya Subrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.

Tri Anni, Catharina. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press:4.

Uzer Usman, Muhammad. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya: 5.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insane Madani.

Zainal, Aqib, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya:156.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.5001

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License