Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Bonding dan Purchase to Intention

Taat Kuspriyono, Ela Nurelasari

Abstract


 Penggunaan media sosial sangat marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Perusahaan berusaha mempromosikan produk mereka dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marekting terhadap customer bonding dan kemauan untuk membeli pada konsumen produk Oriflame Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner yang disebarkan kepada 100 member Oriflame Depok. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis jalur, social media marketing memiliki hubungan dan pengaruh terhadap customer bonding dan niat beli pada konsumen oriflame Depok.


Full Text:

PDF

References


Alrubaiyee, L., & Nahla Al-Nazer. (2010). Investigate the Impact of Relationship Marketing Orientation on Customer Loyalty: The Customer’s Perspective. International Journal of Marketing Studies Vol. 2, 2(1), 159.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin, Burhan, Prof., Dr., 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Dama, Daniel. (2016). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer Di Toko Lestari Komputer Manado Volume 16 No. 01 Tahun 2016, 503-514.

Ghozali, Imam. 2008. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2010). Marketing (3th edition). Singapore: John Wiley & Sons, Co.

Kerlinger. 2006. Asas–Asas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sekaran, Uma. (2012). Research Methods for business. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Tommy dan Hartono, Subagio. (2014). Analisa Pengaruh Store Image Terhadap Puechase Intention Di Toserba “Ramai” Ngawi. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, 1-9.

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Whiting, A., & Williams, D. 2013. Why People Use Social Media: a uses and gratification approach. Qualitative Market Research: An International Journal, Vol. 16 No.4.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4301

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License