Pengaruh Kebijakan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Dassa Prima Di Buring Copy & Digital Printing Depok

Yulistiana Yulistiana, Rosento Rosento, Isnurrini Hidayat Susilowati

Abstract


ABSTRACT

Price policy is a factor that must be determined by a company that can generate trust and eventually customers will decide to buy the product and are satisfied with the products received in accordance with the quality of products and services that have been given the company. The purpose of this study to determine the Influence of Price Policy Against Customer Loyalty at PT Dasa Prima in Buring Copy & Digital Printing Depok. This study uses quantitative methods with SPSS software version 21. Samples used for data collection amounted to 85 respondents with sampling using random sampling. The results showed that based on analysis of correlation coefficient test has a significant 2-tailed relationship of 0.597 this means Effect of Price Policy on Customer Loyalty at PT Dasa Prima in Buring Copy & Digital Printing Depok. Coefficient of Determination has influence between price policy and customer loyalty with the result of contribution given equal = 35,7% and the rest influenced by other factor outside this research. And the regression equation shows that Y = - Y = 14,994 + 0,615X, this shows a high positive influence between price policy to customer loyalty. Preferably, PT Dasa Prima in Buring Copy & Digital Printing Depok can maintain the pricing policy so that customer loyalty increases.

 

Keywords: Price Policy, Customer Loyalty

 

ABSTRAK

Kebijakan harga merupakan faktor yang harus ditentukan oleh suatu perusahaan yang bisa menimbulkan rasa percaya dan pada akhirnya pelanggan akan memutuskan untuk membeli produk tersebut dan merasa puas dengan produk yang di terimanya yang sesuai dengan kualitas produk maupun jasa yang telah diberikan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kebijakan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Dasa Prima di Buring Copy & Digital Printing Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan software SPSS versi 21. Sampel yang digunakan untuk pengumpulan data berjumlah 85 responden dengan pengambilan sampling menggunakan sampling random. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan analisis uji koefisien korelasi memiliki hubungan signifikan 2-tailed sebesar 0,597 hal ini berarti Pengaruh Kebijakan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Dasa Prima di Buring Copy & Digital Printing Depok. Koefisien Determinasi memiliki pengaruh antara kebijakan harga dan loyalitas pelanggan dengan hasil kontribusi yang diberikan sebesar = 35,7%  dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dan persamaan regresi menunjukkan bahwa Y = - Y = 14,994 + 0,615X, hal ini menunjukan adanya pengaruh positif cukup tinggi antara kebijakan harga  terhadap loyalitas pelanggan. Sebaiknya, PT Dasa Prima di Buring Copy & Digital Printing Depok dapat mempertahankan kebijakan harga sehingga loyalitas pelanggan meningkat.

 

Kata Kunci: Kebijakan Harga, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan, 1(2), 249–258.

Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.

Rakhmanita, A. (2015). Pengaruh harga, promosi, lokasi dan sarana terhadap proses keputusan memilih sekolah pada sekolah alam tangerang, VII(2).

Rasyid, H. Al, & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan, XVI(1).

Widiyanti, W., & Retnowulan, J. (2018). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D ’ Kandang Depok. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi, 2(1), 64–73. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id

Abdullah, Thamrin., dan Francis Tantri. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ali, Faried., Andi Syamsu Alam. (2016). Studi Kebijakan Pemerintah. Bandung: PT Refika Aditama.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Assauri, Sofjan. (2013). Strategic Marketing. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lupiyoadi, Rambat. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitiana Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suwondo, Chandra., A.M. Haris Munandar. (2014). Strategi Pemasaran. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4220

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License