PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA KALANGAN REMAJA

Anastasiaa Siwi Fatma Utami, Nur Baiti

Abstract


Perkembangan teknologi informasi, internet dan media sosial kian mengubah bentuk pergaulan dan cara bersosialisasi. Media sosial membawa trend baru dalam masyarakat sebagai alat untuk melakukan tindakan penindasan secara online atau disebut cyberbullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada kalnagan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey, data diambil dari kuesioner yang dibagikan kepada siswa. Peneliti Menggunakan 2 variabel  yaitu variabel bebas (x) adalah pengaruh media sosial dan variabel terikat (y) perilaku cyberbullying. Untuk menentukan berapa banyak pengaruh dari dua variabel, peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai koefesien pada penelitian ini adalah Y = 18,6 + 0,48 X, koefesien determinasi (RSquare) sebesar 0,240 atau 24%. Angka tersebut menunjukan bahwa pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying cukup kuat, sedangkan sisanya 76% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Brogan, Chris. 2010. Social Media 101:Tactics and Tips to Develop Your Business Online. John Wiley & Sons.

J. Dixion, Dr. Brian. 2012. Social Media For School Leader. Amerika Serikat; Jossey Bass A Wiley Inprint.

Kominfo. 2013. Penggunaan internet di Indonesia 63 juta orang. [online]. Tersedia:http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+Pengguna+internet+di+indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#UtS18Puf3IU (20 Juni 2017)

Nasrullah, Rusdi. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2007. E-education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet pendidikan. Andi. Yogyakarta

Rigby, Ken. 2005. Bullying In School and The Mental Health of Children. Australian Journal of Guidance & Counselling. Australia: University of South Australia.

Sarwono, Jonathan. 2011. IBM SPSS Statistik 19. Jakarta: Elex Media Komputindo

Santoso, Singgih. 2013. Menguasai SPSS 21 Di Era Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo

Smith, P., Mahdavi, J., Carvalho, M., Fisher, S., Russel, S., Tippet, N. (2008). Cyberbullying: its nature and impact in secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4): 376-385.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik

JURNAL

Riffaudin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kerasipan Khizanah Al-Hikmah. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Satalina, Dina (2014). Kkecenderungan Perilaku Cyberbullying ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Intovert. Fakultasi Psikologi, Universitas Muhammadiyah. Malang.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.3680

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License