Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru Sekolah Dasar Rujukan Inklusi

Setyo Eko Atmojo, Beny Dwi Lukitoaji, Faiz Noormiyanto

Sari


Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Pelatihan ini diberikan pada guru kelas dengan siswa berkebutuhan khusus yang sangat memerlukan perhatian dan perlakukan yang khusus. Pembelajaran dan perlakuan bagi kelas yang memiliki anak berkebutuhan khusus berbeda dengan kelas biasa sehingga memerlukan guru yang mampu untuk menguasai kelas, siswa, pembelajaran dan penangan yang bersifat khusus bagi anak inklusif. Pelatihan ini terdiri dari pemberian informasi, praktik penanganan dan pembelajaran di kelas inklusif yang didalamnya terdapat anak berkebutuhan khusus. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru tentang penanganan bagi anak dengan kebutuhan khusus. Hal tersebut dapat dilihat pada skor post test guru setelah mengikuti pelatihan dimana > 75% guru telah memiliki pengetahuan yang baik tentang penanganan anak berkebutuhan khusus, selain itu berdasarkan hasil observasi pelaksanaan praktik pembelajaran diketahui bahwa >70 % guru telah mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik pada kelas inklusif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisah. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Ii Sdn Unggulan Melalui Metode Full Inclusion. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6, 1–9.

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 90–95.

Hsiao, Y. J., & Sorensen Petersen, S. (2019). Evidence-Based Practices Provided in Teacher Education and In-Service Training Programs for Special Education Teachers of Students With Autism Spectrum Disorders. Teacher Education and Special Education, 42(3), 193–208. https://doi.org/10.1177/0888406418758464

Muchtar, A. D. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA. Edumaspul - Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.16

Poerwanti, E., Soenaryo, S. F., & Restian, A. (2015). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah 4 Batu Dalam Mengelola Pembelajaran ABK melalui Lesson Study. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 12. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2444

Rohita, & Fitria, N. (2019). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelaja-. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 01(01), 22–32.

Sholawati, S. A. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN KALIRUNGKUT-1 SURABAYA. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.24

Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 1–9. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Sundqvist, C., Björk-Åman, C., & Ström, K. (2019). The three-tiered support system and the special education teachers’ role in Swedish-speaking schools in Finland. European Journal of Special Needs Education, 34(5), 601–616. https://doi.org/10.1080/08856257.2019.1572094

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities Development of primary school natural science lesson plan based on problem-based learning for learning disabilities students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202.

Wahyuni, S. I. (2019). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al Azhar Bukittinggi. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 219–240. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-03

Wonosobo, D. I. K. (n.d.). Guru Paud Dalam Melakukan Sdidtk. Jurnal PPKM, Vol. 6, No. 1, 31 - 36, 6(1), 31–36.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8139

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8139.g4201

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License