PELATIHAN PEMBUATAN SALAD SAYUR HIDROPONIK DAN CARA PEMASARAN YANG TEPAT DALAM E-COMMERCE

Juliana Juliana, Sandra Maleachi, Kevin Gustian Yulius, Jimmy Situmorang

Sari


Abstrak

Salad termasuk ragam makanan yang berdayaguna dibuat tetapi berlimpah dengan faedah. Makanan ini dikreasi dengan mengkombinasikan beragam jenis buah dan sayuran dan memperbanyak bumbu atau saus untuk memperbanyak selera. Karena dimakan mentah, komposisi nutrisi pada sayur-sayuran dan buah-buahan ini masih terpelihara, sehingga konsumen memperoleh faedahnya secara optimal. Salad dikonsumsi dari variasi buah dan sayuran sesuai selera.Ada salad khas buah yang disebut juga salad buah, salad khusus sayuran yang disebut salad sayuran, ataupun campuran keduanya. Dibandingkan salad sayur tentu salad buah mempunyai selera tersendiri yang berbeda karena buah-buahan sangat menonjol memiliki rasa yang lebih manis daripada sayuran. Salad sayuran merupakan salah satu makanan sehat namun masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat, dikarenakan faktor utama dari sayuran yang mudah kering dan tidak segar sehingga baik konsumen maupun produsen tidak melakukan penyimpanan berlebih untuk bahan baku salad. Sejalan dengan masalah yang ditemukan maka PkM ini lebih memberikan suatu pengajaran bagaimana memanfaatkan sayuran hidroponik yang ada di Kampung Gerendeng Pulo untuk diolah menjadi salad yang nantinya dapat dikembangkan untuk menaikkan ekonomi masyarakatnya melalui penjualan dengan memanfaatkan e-commerce, tetapi sedikit pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Gerendeng Pulo. Pola ajar dengan memberikan resep dan praktik lapangan pembuatan berbagai macam salad sayur dan pencampurannya dengan bahan lain seperti buah dan biji-bijian, serta mengenal jenis kemasan dan cara mengemas dengan baik lalu memasarkannya melalui e-commerce. Diharapkan masyarakat Kampung Gerendeng Pulo menjadi mengerti lebih lagi tentang bagaimana mengolah salad menjadi tahan lama serta dapat membuka peluang untuk menekuni bisnis makanan sehat.

 

Kata Kunci: salad, sayuran, buah, gerendeng pulo, e-commerce

 

Abstract

Salad is a  type of practical food that easily made and it is rich of benefits. This salad is usually made by mixing several kinds of fruits and vegetables (most fruits and vegetables are still raw) which later topped by seasoning or salad sauce to enhance its taste. Because most salad are consummed raw, the nutrition parts in vegetables and fruits are still intact, therefore, we could receive its nutrition optimally. Special salad made of fruits is called fruits salad, and special salad made of vegetables is called veggie salad, and there is even special made salad from the combination of those two, called mixed salad. Compare to vegetables salad, people would consume fruits salad more because normally fruits have dominant sweeter end taste compared to vegetables. Even though vegetables salad is considered healthy food, it is rarely consummed by people. One of main reasons that people rarely eat vegetable salad because it is easily dried and looked pale, therefore, most consumers and producers do not store much of vegetables. Thus, this community service is pointing out on teaching how to use the hydroponic vegetables in Kampung Gerendeng Pulo where later it can also benefited them through its sales by using e-commerce. The teaching method is given by giving several recipes and hands-on teaching of making varieties of salad. This involves introducing the right packaging for the product. The people from Kampung Gerendeng Pulo are expected to understand making durable salad and opening a chance to pursue healthy food business.

 

Keywords: salad, vegetables, fruits, gerendeng pulo, e-commerce

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Heo, M., Kim, R. S., Wylie-Rosett, J., Allison, D. B., Heymsfield, S. B., & Faith, M. S. (2011). Inverse Association Between Fruit And Vegetable Intake And Bmi Even After Controlling For Demographic, Socioeconomic And Lifestyle Factors. Obesity Facts. Https://Doi.Org/10.1159/000335279

Herwibowo, K. Dan N. S. B. (2015). Hidroponik Portabel. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hu, D., Huang, J., Wang, Y., Zhang, D., & Qu, Y. (2014). Fruits And Vegetables Consumption And Risk Of Stroke: A Meta-Analysis Of Prospective Cohort Studies. Stroke, 45(6), 1613–1619. Https://Doi.Org/10.1161/Strokeaha.114.004836

Indriasti, R. (2013). Analisis Usaha Sayuran Hidroponik Pada Pt Kebun Sayur Segar Kabupaten Bogor. 4.

Jen Wen Hung Yee,Hwa Wu Chao,Hsing Yeh. (2004). Comparing Stress Levels Of Parent Of Children With Cancer And Parents Of Children With Physical Disabilities. Psycho Oncology. 13(12), 893-903.

Johnsen, S. P., Overvad, K., Stripp, C., Tjønneland, A., Husted, S. E., & Sørensen, H. T. (2003). Intake Of Fruit And Vegetable And The Risk Of Ischemic Stroke In A Cohort Of Danish Men And Women. The American Journal Of Clinical Nutrition., 78(1), 57–64. Https://Doi.Org/10.1093/Ajcn/78.1.57

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ketigabelas. In Jakarta.

Majdah Zawawi, N. R. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaanmajdah Zawawi1 And Noriah Ramli. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Jurnal Ilmiah “Integritas,” Vol.2 No.(May), 31–48. Jurnal Ilmiah “Integritas,” Vol.2 No.(May), 31–48.

Mark L. Dreher. (2018). Whole Fruits And Fruit Fiber Emerging Health Effects. Nutrients, 10(12).

Sharps, M., & Robinson, E. (2016). Encouraging Children To Eat More Fruit And Vegetables: Health Vs. Descriptive Social Norm-Based Messages. Appetite, 100, 18–25. Https://Doi.Org/10.1016/J.Appet.2016.01.031

Tjiptono, & Fandy. (2010). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Edisi I. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6980

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6980.g4197

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License