Upaya Pencegahan Financial Distress Melalui Pelatihan Manajemen Kas Keuangan Keluarga

Yulida Army Nurcahya, Octavia Lhaksmi Pramudyastuti, Fitrah Sari Islami, Azizah Azizah, Rizky Puspita Dewi

Sari


Mengatur keuangan rumah tangga tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi, pendapatan dalam rumah tangga yang sangat minim dapat memicu konflik sehingga yang terjadi adalah besar pasak daripada tiang. Ibu rumah tangga memiliki peranan yang penting dalam mengelola keuangan keluarga. Pengelolaan keuangan keluarga tidak hanya untuk yang berpenghasilan besar , baik yang kaya dan miskin perlu pengelolaan keuangan keluarga guna mewujudkan tujuannya. Akan tetapi Minimnya pengetahuan para ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga bisa menyebabkan terjadinya financial distress. Salah satu indikator terjadinya financial distress dalam keuangan keluarga adalah dimana pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan sehingga mengakibatkan keluarga tersebut sering berhutang atau dalam peribahasa menyebutkan gali lobang tutup lobang. Selain itu titik  kelemahan lainnya adalah salah satunya tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan latar belakang tersebut menjadi pertimbangan kami Tim Pengabdian Universitas Tidar untuk melakukan pelatihan kepada para ibu-ibu PKK diDesa Semirejo 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang untuk dapat mengelola keuangan keluarga dengan tepat. Pelatihan manajemen kas keuangan rumah tangga ini memiliki tujuan agar para peserta mampu mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan mencegah terjadinya  financial distress atau kebangkrutan, Selain itu diharapkan peserta dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini peserta dapat menambah pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya  perencanaan keuangan keluarga.

Kata Kunci: Manajemen, Kas, Keuangan, Keluarga, Financial distress

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fuaida, Lisma Dyawati. 2009. Manajemen keuangan keluarga miskin: studi kasus mitra program masyarakat mandiri, dompet dhuafa Republika.

Hidayat, Taufik (2010). Financial Planning:Mengelola & Merencanakan Keuangan Pribadi dan Keluarga. Jakarta Selatan: Mediakita.

Stoner, James A.F., Daniel R. Gilbert, R. Edward Freeman. 2009.Management. 6th Edition. New York: Pe




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6627

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6627.g3792

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License