PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI MANAJEMEN WISATA PRIMA DI TAMAN BUNGA MANOHARA DESA PURWODADI KEC.TEGALREJO SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KESEJAHTERAAN

Andhatu Achsa, Rian Destiningsih, Heni Hirawati

Sari


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sistem pengelolaan dan manajemen keuangan masih belum tertata dengan baik, belum adanya paguyuban UMKM di Taman Manohara Desa Purwodadi sehingga transfer ilmu dan koordinasi menjadi sangat kurang efisien dan efektif, pemasaran atau promosi baik lewat media sosial maupun media cetak masih belum memadai untuk terkait konektivitas jaringan yang juga masih kurang, serta tingkat pendidikan masih sangat kurang Taman Bunga Manohara Desa Purwodadi Kecamatan Tegalrejo. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan gambaran masyarakat tentang Manajemen Wisata Prima Di Taman Bunga Manohara Desa Purwodadi Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang terkait pemasaran, pelayanan, pengelolaan. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Hasil dari program kemitraan masyakarat (PKM) antara lain peserta sudah mengetahui manajemen wisata terkait pemasaran, pelayanan dan pengelolaan agar Taman Bunga Manohara Desa Purwodadi Kecamatan Tegalrejo semakin meningkatkan manajemen wisata prima (Pemasaran, Pelayanan, Pengelolaan) guna meningkatkan kesejahteraan. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haksever et al. 2000. Service Management Oprations. USA : Pearson Pretince Hall

Hidayah, Nurdin. 2019. Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung : Alfabeta.

Peraturan Pemerintah No. 67 Tahun 1996 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2015-2020 Desa Purwodadi

Schanzel, Heike A., dan Yeoman, Ian. 2015. “Trends in Family Tourism”. Journal of Tourism Futures. Vol 1 No 2 141-147.

Schiffman dan Kanuk, Amelia. 2004. “Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita”. Juarnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol. 1, No. 2.

Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

UU No.10 Tahun 2009, Pasal 1 ayat 1 tentang Pariwisata

Yoeti, Oka, A. (2008) Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta, Pradaya Pratama.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6518

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6518.g3797

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License