Poker Sukses (Program Komputer Masuk Desa) di Lereng Gunung Sumbing

Ari Nurul Fatimah, Annisa Puspita Sari, Rizka Satria Adhi

Sari


Teknologi informasi merupakan modal utama bagi setiap orang untuk dapat bersaing dalam era globalisasi. Perkembangan teknologi informasi salah satunya ditunjang dengan media komputer yang dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Sayangnya, masih banyak masyarakat khususnya di daerah pedesaan yang belum mampu menggunakan media komputer secara optimal seperti di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Genito, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibuat dengan tujuan untuk membekali ilmu berupa pelatihan komputer bagi anak-anak di lereng Gunung Sumbing. Komputer harus diperkenalkan kepada anak-anak sekolah agar mereka mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan program komputer masuk desa ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik pengumpulan informasi data primer yaitu wawancara. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu survey, wawancara, sosialisasi, dan pelatihan. Dari kegiatan program komputer masuk desa yang dilaksanakan sebanyak 6 kali ini telah tercipta kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sebagai alternatif dalam proses pengenalan dan pembelajaran teknologi komputer dan telah tercapai target pemahaman teknologi komputer pada anak usia sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wiranto, I., Panji Asmara, B., Irawaty Tolago, A. 2015. Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Dan Perangkat Desa Alata Karya Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

http://repository.ung.ac.id/get/singa/1/318/Pelatihan-Keterampilan-Dasar-Komputer-dan-Teknologi-Informasi-Bagi-Siswa-Sekolah-Dasar-dan-Perangkat-Desa-Alata-Karya-Kecamatan-Kwandang-Kabupaten-Gorontalo-Utara.pdf . Diakses pada tanggal 12 Juli 2019.

Sulistyanto, H. 2017. Pakom Pelatihan Pengoperasian Komputer Bagi

Perangkat Desa Di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/download/4757/3487 . Diakses pada tanggal 12 Juli 2019.

Warsito, B., Suparti, Raharjo, M.,Santoso, R., Yasin, H., Sumiyati, S. 2018.

Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Berpotensi Ekonomis bagi Nasabah Bank Sampah Sempulur Asri. 2018, Semarang, Indonesia. Hal. 345-350.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6305

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6305.g3465

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika