Kreativitas Guru TKIT Al Mishbah Dalam Pengembangan Model Pembelajaran Lab Mini Melalui Terrarium Ekosistem

Fatikhatun Nikmatus Sholihah, Anggun Wulandari, Umi Kulsum Nur Qomariyah

Sari


Abstrak

Pembelajaran di sentra alam dengan tema lingkungan alam memiliki tantangan tersendiri bagi guru-guru dalam pelaksanaanya dikarenakan lahan yang sedikit. Guru masih banyak menggunakan lembar kerja siswa yang dibeli dari toko-toko buku dan kurang kreatif sehingga tidak mengembangkan media sendiri. Maka dibutuhkan pelatihan pembuatan media yang dapat menggambarkan situasi ekosistem yaitu terrarium ekosistem. Terrarium merupakan media yang terbuat dari kaca baik botol, aquarium atau plastik transparan yang berisi tanaman dengan metode yang unik yang disesuaikan dengan kondisi alam yang sesungguhnya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi guru TKIT Al Mishbah menciptakan eksosistem mini dalam suatu media kaca agar mempermudah guru dalam mengajarkan Lingkungn Alam yang disebut terrarium. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 4 hari mulai 25 juni sampai 28 juni 2019. Metode pelaksanan kegiatan ini dilakukan dengan cara tutorial terbimbing. Pembuatan terrarium meliputi pembuatan terrarium ekosistem gurun, terrarium hutan hujan tropis, dan terrarium savana. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi solusi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam materi ekosistem di sekolah, sehingga guru dapat menyeimbangkan antara teori dengan kondisi alam sesungguhnya.

 

Kata Kunci: Terrarium, Guru TKIT Al Mishbah , Lab Mini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Biggs, Alton., Hagins, Whitney Crispen., Kapicka, Chris., Lundgren, Linda., Rillero, Petter., Tallman, Kathleen G., and Zike, Dinah. 2004. Biology The Dinamic of Live. Cambridge:The McGraw-Hill Companies, Inc.

Biggs, Alton., Hagins, Whitney Crispen., Kapicka, Chris., Lundgren, Linda., Rillero, Petter., Tallman, Kathleen G., and Zike, Dinah. 2008. Glencoe Science Biology. Cambridge:The McGraw-Hill Companies, Inc.

Carin, A.A. 1993. Teaching Science Through Discovery, 7th Edition : California State University, Long Beach.

Gronlund, Norman E. 1981. Constructing Achievement Test. Third Edition. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Kemp.1994. Designing Effective Instructional. New York: Macmillan Collage Publisher.

Nur, M. 2011. Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA

Nurhayati, Susiloarifin. 2004. Pembuatan Terarium. Gramedia Press. Jakarta

Rusmiyati. 1998. “ Pengembangan Kegiatan Praktikum Melalui Peneraban Lab Mini” Tesis Magister Pendidikan yang tidak dipublikasikan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Slavin, R.E. 2006. Educational Psycology: Theory and Practice. Massachusett: Allyn and Bacon Publisher.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6116

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6116.g3446

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License