Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam

Mohamad Trio Febriyantoro, Ibnu Harris, Didi Sundiman, MN Reza Pradana, Emi Lestari

Sari


Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menciptakan wirausaha dan mendukung peningkatan kualitas para UMKM maka prodi Manajemen akan memberikan pelatihan kepada para UMKM yang berada di lingkungan PKK Tiban Global, Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan berwirausaha dan meningkatkan kualitas manajemen dan tata kelola keuangan sehingga dapat menciptakan UMKM yang mandiri. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yang dihadiri oleh 25 peserta dari pelaku UMKM di lingkungan PKK Tiban Global. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan pada kegiatan ini, pelaku UMKM dibekali tentang pendidikan kewirausahaan, strategi pemasaran yang efektif dan pengelolaan keuangan sederhana serta mengenali berbagai skema pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ASEAN Policy Index. (2014). ASEAN Policy Index. Retrieved September 18, 2018, from http://www.eria.org/Key_Report_FY2012_No.8_prologue.pdf

Ciputra. (2011). Ciputra Quantum Leap 2. Jakarta: Elex Media Komputindo.

CNN Indonesia. (2016). Kontribusi UMKM Terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 Persen. Retrieved May 20, 2017, from http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92-174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen/

Febriyantoro, M. T. (2016). Pemikiran irasional para perokok. EKSIS, XI(2), 1907–7513.

Febriyantoro, M. T. (2018). The Role Of Entrepreneurial Campus In Establishing Of Students’ Entrepreneurial Mindset and Entrepreneurial Spirit. International Conference of Econimic Studies, 141–146.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean, 1(2), 61–76.

Kartajaya, H. (2014). Wow Marketing (1st ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komalasari, L. (2016). Problem UMKM Dalam Pengembangan Usaha: Studi Pada UMKM di Desa Mulyoarjo, Malang. Jurnal Sospol, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981.g3398

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika