Pemanfaatan Permainan Komputer Berlisensi Free Software sebagai Media Pembelajaran Anti Korupsi Pada Anak

Rachmat Kriyantono, Bayu Indra Pratama

Sari


Korupsi adalah masalah besar yang dihadapi Bangsa Indonesia. Indeks persepsi korupsi Indonesia masih relatif tinggi sehingga perlu upaya penanggulangan secara bersama, termasuk dari kalangan perguruan tinggi. Salah satunya adalah melalui strategi pendidikan sejak usia dini, yakni menyiapkan generasi muda sejak usia dini untuk menghindari perilaku korupsi. Karena itu, tim pengabdian masyarakat mengadakan sosialisasi dan pelatihan tentang pembelajaran anti korupsi. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk permainan game computer sehingga sesuai dengan karakter peserta pelatihan. Pelatihan diselenggarakan di SD Dinoyo Malang dengan mengundang guru dan orang tua anak sekolah dasar di Kota Malang. Hasil pelatihan ini adalah para peserta didik mengenal korupsi dan dapat memainkan permainan game anti korupsi dengan baik. Diharapkan game ini yang jika dilakukan berulang kali, nilai-nilai antikorupsi yang ada dalam kandungan game ini dapat terinternalisasi secara bertahap dalam pikiran peserta didik.

Kata Kunci: Game software, Pembelajaran anti korupsi, pengabdian masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angkowo, R., dan Kosasih, A. (2007). Optimalisasi media pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chandra, A. N. (2006). Gambaran perilaku dan motivasi pemain online games. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(5), 1-10.

Darto, M. (2012). Percepatan dan pemberantasan korupsi, realitis, atau utopis?. Jurnal Borneo Administrator, 8(2).

DePorter, Bobbi dan Hernacki, M. (2001). Quantum Learning:Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Halpern, R., & Fiqueiras, A. C. M. (2004). Environmental influences on child mental health. Journal de Peditria, vol. 80 (2), 104-110.

Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kustandi, C., dan Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran: manual dan digital. Bogor: Ghalia

Kriyantono, R., Pratama, B.I.,dan Alfira, N. (2014) Laporan Pengabdian Masyarakat Metode Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Aplikasi Permainan Komputer Berbasis Open Source Software Tahun 2014. Univeritas Brawijaya: Tidak diterbitkan.

Munadi, Y.. (2008). Media Pembelajaran:suatu pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Pers

Tap MPR No. XI/MPR/1998, tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme

Phillips, R. (1997). The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia, London: Kogan Page.

Purbo, O. W. (2001) Apa Susahnya Tidak Membajak Software?. diambil dari: http://www. kompas. com/kompas-cetak/0103/06/iptek/apas40. htm. Diakses 1 Juni 2015

Santoso, S. (2004) Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Citra Pendidikan

Simonson, M.R. dan Thompson. (1994). Educational computing foundations (Second ed.). Columbus : Meril.

Soulier, J. (1988). The design and development of computer based instruction. London : Allyn and Bacon, Inc.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

__________(2015). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012

Susanto, H. (2006). Mengembangkan kemampuan self regulation untuk meningkatkan keberhasilan akademik anak. Jurnal Pendidikan Penabur, 7, 64-71.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Swartz, A. J. (2002). Transmitting moral wisdom in an age of the autonomous self. dalam Damon, W. Bridging in a New Era in Character Education. USA : Hoover Institution Press

Yusuf, P. (1990) Komunikasi pendidikan dan komunikasi intrusional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5929

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5929.g3449

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika