Upaya Peningkatan Efesiensi Biaya Produksi UMKM Rajutan Melalui Implementasi Purchase Order pada Sentra Rajut Sumantri Margaluyu Kota Bandung

Enggar Widianingrum, Rosita Rosita, Oki Adityawan, Acep Rohendi

Sari


Abstrak

Perkembangan bisnis rajut di Kota Bandung tidak terlepas dari peran para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bandung dikenal sebagai pusat mode Indonesia dan dijuluki Paris Van Java karena memiliki karakteristik serupa dengan Paris. Hal tersebut menuntut para pengusaha khususnya pengrajin bidang rajut memiliki kemampuan, pengetahuan, keahlian dan kompetensi diri dalam menjaga kualitas dan kuantitas dari produk yang dihasilkan sebagai nilai tambah agar dapat bersaing dengan produk dalam maupun luar negeri. Selain itu, para pengrajin rajut harus memahami efesiensi biaya produksi agar bisa memperoleh keuntungan maksimal dan usahanya tidak mengalami kemunduran. Tujuan dalam makalah ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya dalam memproduksi rajut melalui pengetahuan berdasarkan pengamatan di lapangan agar pelaku UMKM rajut melakukan produski melalui sistem yang paling efisien, mengelola keuangan atau permodalan, sumber daya manusia supaya usaha dapat berlangsung lebih baik dan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk rajut yang dihasilkan oleh pengusaha rajut di Bandung khususnya diukm rajut sumantri melalui efisiensi biaya produksi. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan observasi dan wawancara dengan salah satu pengrajin rajut di Margaluyu Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Upaya Peningkatan Efesiensi Biaya Produksi UMKM Rajutan Melalui Implementasi Purchase Order pada Sentra Rajut Sumantri Margaluyu Kota Bandung.  

 

Kata Kunci: UMKM, Efesiensi Biaya Produksi, Purchase Order

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fawole, W. O., & Ozkan, B. (2018). "Revisiting the profitability and technical efficiency of cocoa production amidst economic diversification program of the Nigerian Government: A case study of Ondo State". Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies, Vol.8 Issue: 1. doi.org/10.1108/JADEE-04-2016-0020, 186-200.

Ismanto, H., Tamrin, M. H., & Pebruary, S. (2018). Pendampingan Usaha Kecil Dan Menengah Tenun Ikat Troso Dalam Peningkatan Produktivitas Dan Kualitas Produk Kain. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat LPIP UMP ISSN: 2549-8347 (online), 79-89.

Supriatna, N. (2014). Analisis Kontribusi Efisiensi Biaya Produksi Terhadap Kemampulabaan Pada PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII JAWA BARAT. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 498-507.

Zidane, Y. J.-T., & Olsson, N. O. (2017). Defining project efficiency, effectiveness and efficacy. Youcef J-T. Zidane, Nils O.E. Olsson, (2017) "Defining project eff International Journal of Managing Projects in Business, Vol. 10 Issue:3,doi: 10.1108/IJMPB-10-2016-0085, 1-27




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5095

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5095.g2984

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika