Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan di Villa Kancil Kampoeng Soenda Majalaya

Didin Syarifuddin, Suryana Suryana, Musafa Musafa, Sopa Martina, Rahmat Priyanto

Sari


Villa Kancil Kampoeng Soenda adalah destinasi wisata yang terletak di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung. Destinasi wisata ini menawarkan kegiatan berwisata minat khusus dengan wisata outbound dan water boom sebagai daya tarik utamanya. Jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Villa Kancil Kampoeng Soenda meningkat setiap tahunnya, namun penetapan harga yang belum efektif dan adanya pesaing baru dapat menimbulkan penurunan minat berkunjung wisatawan ke Villa Kancil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi penetapan harga dalam meningkatkan minat berkunjung wisatawan di Villa Kancil. Jenis penelitian ini adalah adalah deskriptif dengan pendekatan secara kualitataif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Strategi penetapan harga di Villa Kancil harus sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan agar wisatawan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk wisata yang dijual dengan hal tersebut dapat meningkatkan minat berkunjung wisatawan. Oleh karenanya Villa Kancil diharapkan dapat membuat ragam paket wisata yang lebih menarik, unsur sunda pada produk wisata yang ditawarkan lebih ditonjolkan dan mengikuti tren yang sedang berkembang serta dengan harga yang kompetitif guna menarik minat berkunjung wisatawan, membangun kerjasama dengan Biro Perjalanan Wisata/Perusahaan/Institusi Pendidikan/pesaing guna meningkatkan kualitas layanan wisata yang lebih baik lagi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kismono, Gugup. (2012). Pengantar Bisnis.Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. World Wide Web Internet And Web Information Systems.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas,Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Herman. (2013). Manajemen Pemasaran. Bandung. Gramedia

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, III(2).

Syarifuddin, D. (2016). Nilai Wisata Budaya Seni Pertunjukan Saung Angklung Udjo Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 13(2), hlm. 53–60.

Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5038

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5038.g3030

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika