Pelatihan Staff dan Marketing Villa Kancil Majalaya Guna Membangun Pengalaman Positif Wisatawan

Ramdani Setiyariski, Tri Widyastuti, Faizal Hamzah, Yosef Abdul Ghani, Kartika Dewi

Sari


Penelitian dilaksanakankarena merupakan salah satu dari tiga kewajiban Dosen di Lingkungan AKPAR Bina Sarana Informatika Bandung yang tercantum dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yaitu merupakan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan kualitas SDM dan Pemasaran dalam rangka Meningkatkan kepuasan Kunjungan Wisatawan Ke Villa Kancil Majalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawawancara dan kelompok. Wawancara mendalam bertujuan untuk mendapat data primer mengenai pelatihan staff dan marketing di villa kancil Majalaya. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa dari factor SDM harus lebih ditingkatkan lagi dalam pelatihan staff agar dapat meningkatkan mutu pelayanan, selain itu factor marketing juga harus bisa lebih di kembangkan melalui pemasaran baik secara langsung ataupun tidak langsung dari kedua factor ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman positif atau kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Villa Kancil Majalaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung, PT Redika Aditama

Eko, Widodo Suparno . 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga

Mutia muti “Villa Kancil Kampoeng Soenda” 2018 Bandung

Syarifuddin, Didin. 2013. Tourism Destination Service Quality To Tourist Satisfaction. Bandung: Manajemen Pariwisata, STP ARS Internasional.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5037

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5037.g2995

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika