Upaya Stratejik Maksimalisasi Laba Untuk Perusahaan Yang Berbasis Pada Produksi Makanan Camilan

Chairil M Noor, Gartika Rahmasari, ade mubarok, Purwadhi Purwadhi, Bambang Sukajie

Sari


Laba merupakan sesuatu hal yang vital dalam perusahaan, karena itu laba merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar ada atau tidaknya esensinya harus dapat dimiliki oleh perusahaan, bahkan perusahaan harus menetapkan berbagai strategi bagaimana perusahaan dapat memaksimalkan laba, demikian juga untuk perusahaan yang berbasis pada produk makanan camilan.

Dalam membahas masalah maksimalisasi laba pada perusahaan yang berbasis pada produk makanan camilan ini menggunakan dua pendekatan stratejik yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu bagaimana perusahaan memaksimalisasi laba melalui pengendalian pusat kegiatan anggaran (cost, revenue, profit, financing) dan upaya memaksimalisasi laba dengan strategi pemanfaatan SDM melalui bagaimana manajer menerapkan goal setting yang demikian penting artinya bagi manajer dan pimpinan perusahaan.

Kelangsungan usaha perusahaan agar menjaga dan berusaha yang selalu meningkatkan profitabilitas melalui bagaimana strategi manajemen dengan mencermati strategi pada berbagai kegiatan pada pusat-pusat anggaran yang dapat meningkat Rate of Return on Invesment (ROI).

Konsep manajemen SDM untuk perusahaan yang berbasis pada makanan camilan ini membutuhkan SDM yang berkualifikasi kompeten dibidangnya dengan manajer yang menetapkan goal setting yang tepat sasaran sesuai visi dan perencanaan stratejik (renstra) yang telah ditetapkan perusahaan.

Keywords: laba, renstra, camilan, revenue


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arfan. (2009). Akuntansi Keperilakuan Edisi.2. Jakarta: Salemba Empat

Crumbley, D Lawrence, dan Murphy Smith (2003). Seri Bisnis Barron Laba Atas Investasi Dan Perencanaan Perusahaan. Jakarta: Gramedia.

Kuswadi. (2005). Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Rivai, H. Veithzal, MBA, Prof. Dr, dan Ella Jauvani Sagala (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Bagi Perusahaan (Cetakan ke 3). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Soemarso, S. R. (2010). Akuntansi Suatu Pengantar (Edisi 5, Buku 2). Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5017

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5017.g2965

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika