Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Villa Kancil Majalaya

Willma Fauzzia, Rian Andriani, Erlangga Brahmanto, Rina Dwi Handayani, Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Sari


Abstrak

Villa Kancil Majalaya merupakan kawasan wisata kabupaten Bandung dimana wisata outbound menjadi andalan untuk menarik perhatian para wisatawan. Villa Kancil memiliki daya tarik atas kegiatan wisatanya dikarenakan tempat ini memiliki kondisi alam yang baik seperti udara yang sejuk dimana hal ini akan memberikan kenyaman bagi wisatawanya ketika berwisata. Selain itu Villa Kancil juga mempunyai wisata-wisata lainnya seperti wisata kuliner “Warung Desa Kuring” dan wisata kuliner diatas perahu atau disebut dengan floating market, wahana permainan dan menyediakan wisata air yaitu waterboom  yang terdapat kolam air panas didalamnya. Dengan luas mencapai 67000 m2, Villa Kancil ini menyediakan berbagai wahana yang sangat disukai oleh anak-anak dan remaja juga orang tua. Villa Kancil memiliki potensi untuk terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kunjungan wisatawan. Dalam usaha menarik wisatawan untuk datang ke sebuah objek wisata di suatu daerah pastinya dibutuhkan strategi pemasaran yang baik. Oleh karenanya dibutuhkan dorongan oleh berbagai pihak terkait dalam usaha agar objek wisata tersebut dapat berkembang secara baik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.

Kata kunci: Strategi pemasaran, wisatawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A, Shimp,Terence. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta. Erlangga.

Inskeep, Edward. (2011). Tourism Planning: an integrated and sustainable development approach. Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian. Jakarta. Erlangga.

Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(1), 101-123.

Soebagyo. (2012). Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal liquidity Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2012, Hlm. 153-158.

Suryadana, M. Liga & Octavia, Vanny. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata, Bandung.Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4980

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4980.g2977

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika