Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung

Iwan Muhammad Ridwan, Abdurahman - Fauzi, Isah - Aisyah, Susilawati - Susilawati, Iwan - Sofyan

Sari


Abstrak

Digital marketing bagi sebuah perusahaan merupakan bagian yang sangat penting saat ini. Tak terkecuali bagi perusahaan-perusahaan kuliner atau warung angkringan yang membutuhkan publikasi yang baik demi kelangsungan dan kemajuan usahanya. Selain harus mampu bersaing dengan pesaing lain dalam menyajikan hidangan kuliner yang lezat, warung angkringan harus memiliki strategi pemasaran yang hebat yaitu dengan digital marketing ini. Pengelola sebuah warung angkringan diharapkan memiliki kecakapan dalam promosi melalui perangkat digital, terutama dalam mempublikasikan produk-produk yang dijual dan tempat yang ditawarkan. Ketika sebuah perusahaan memiliki kemampuan mengelola marketing melalui perangkat digital yang bagus, hal ini pasti akan mempermudah mengembangkan usahanya lantaran dengan pangsa pasar yang lebih luas maka produknya akan lebih banyak dikenal dan diminati. Terlebih saat ini banyak aplikasi massa yang memiliki konten pemesanan makanan melalui jasa angkutan online. Meskipun demikian masih banyak perusahaan makanan atau warung kuliner yang belum memanfaatkan sarana digital marketing ini dengan baik. Perusahaan kuliner yang tidak dilengkapi dengan kehadiran digital marketing akan sangat tertinggal oleh pesaing lain yang sudah memanfaatkan media ini. Hal inipun menjadi salah satu hambatan bagi warung angkringan WAGE dalam mengelola usahanya. Oleh karena itu, pelaksana kegiatan dirasa perlu untuk mengadakan baik pelatihan maupun pembuatan aplikasi mengenai digital marketing dalam memajukan usaha warung angkringan WAGE ini. Seperti yang diketahui bahwa kota Bandung dikenal sebagai kota kuliner sehingga Warung angkringan WAGE yang berlokasi di Jalan Rancabentang I No 5A, Ciumbuleuit, Cidadap kota Bandung ini akan lebih diuntungkan dalam promosi produk kulinernya. Yang pada awalnya target pasar hanya diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswa dan masyarakat sekitar, dengan menggunakan digital marketing ini target pasar menjadi lebih luas.

Kata Kunci: promosi, digital marketing, Usaha Kecil Menengah, warung angkringan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Urban, Glen (2004) Digital Marketing Strategy.Pearson Educattion, Upper Saddie River, New Jersey. USA




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4974

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4974.g2941

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika