Meningkatkan Taraf Perekonomian dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan

Catur Martian Fajar, Dwinta Mulyanti

Sari


Abstrak

Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah jangka panjang yang mempengaruhi perkembangan suatu Negara, dimana pertumbuhan ekonomi menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat di Negara tersebut. PDB merupakan salah satu indikator yang mencerminkan tinggi rendahnya tingkat kemakmuran disuatu Negara, dalam hal ini tingkat pendapatan perkapita Indonesia masih cenderung rendah dan mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan Negara-negara tetangga. Rendahnya pendapatan masyarakat berimplikasi pada rendahnya tingkat investasi yang dapat dilakukan masyarakat itu sendiri, terutama investasi dalam bidang pendidikan. Dalam hal tersebut, pemerintah semakin gencar melakukan perbaikan guna mnedukung pembangunan ekonomi terutama pada sektor pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam memajukan perekonomian suatu Negara, pendidikan memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan Negara pada bidang pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas terutama dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin berkembang dan selain itu penerapan free trade area menyebabkan semakin banyaknya peralihan tenaga asing ke Indonesia. Outlook ekonomi Indonesia tahun 2020 mengenai pengembangan sistem ekonomi berbasis digital juga memerlukan tenaga kerja yang terstandarisasi secara global.  Masyarakat harus memiliki kompetensi akademik maupun non akademik yang baik untuk bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Keadaan sosial, kesadaran masyarakat, dan sikap masyarakat Indonesia mengenai pentingnya pendidikan masih cenderung rendah, sehingga diperlukan pengetahuan dan pemahaman bagi orang tua untuk menumbuhkan minat investasi dan perencanaan pendidikan anak sejak dini melalui berbagai alternative yang dapat dipilih.

 

Kata KunciPerencanaan pendidikan, manajemen investasi, Perekonomian dan kesejahteraan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, W. A., Hidayat, M., Darwin, R., Ekonomi, F., & Riau, U. M. (2017). Pengaruh Investasi , Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Pelalawan Effect of Investment , Labor and Population Growth on Economic Growth in Pelalawan Regency. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 7(2).

B, R. M. dan S. (2015). Rita dan Santoso: literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan pada Dana Pendidikan. Jurnal Ekonomi, 20(2), 212–227.

Lisnawati, C. (2007). Aspek Ekonomi Dalam Pendidikan. Educar: Jurnal Pendidikan Vol. 4, No. 2 Februari 2007., 4(2), 4–13.

Purba, S. (2010). Kualitas Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Globalisasi. Generasi Kampus, 3(April), 65–80.

Retno, E. K. (2011). Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2004), 1–20.

Sari, A. K. (2010). Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi, Dan Upah Terhadap Pengangguran Terdidik Di Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(2), 1–8.

Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4971

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4971.g2945

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika