Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar

Imanuel Kamlasi

Sari


Program bimbingan belajar hadir unutk menyediakan bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar sebagai salah satu strategi peningkatan kualitas berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari bimbingan belajar Bahasa Inggris adalah anak-anak memiliki pengenalan materi dasar tentang Bahasa Inggris dasar dan mampu mengucapakan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar dalam Bahasa Inggris yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Lokasi Pengabdian kepada Masyarakat tentang bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak SD adalah di RT 17 dan 20 RW VI, Kel. Sasi, Kec. Kab. Timor Tengah Utara. Pengabdian ini melibatakan 20 anak SD dari kelas 4-6 yang berdomisili di RT 17 dan 20 RW VI, Kel. Sasi, Kec. Kota Kefamenanu, Kab. Timor Tengah Utara. Waktu yang dibutuhkan dalam bimbingan belajar Bahasa Inggris ini adalah adalah 3 bulan. Metode pelaksanaan Pengabdian bagi Masyarakat tentang bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar adalah metode sosialisasi, metode pelatihan dan metode bimbingan.

Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa anak-anak sangat senang dan tertarik dengan program bimbingan belajar Bahasa Inggris. Pada awal pertemuan bimbingan belajar Bahasa Inggris, anak-anak mengalami kesulitan untuk mengucapkan kata-kata Bahasa Inggris. Setelah pertemuan ketiga, anak-anak sudah mulai mengucakan kata-kata secara benar meskipun masih ada peserta yang salah mengucapkan. Metode bimbingan dilakukan untuk menuntun dan melatih anak-anak adalah bermain, menyanyi, mengeja, mengucapkan, bermain peran. Hasil belajar anak-anak SD sebelum bimbingan belajar menunjukan bahwa dari 20 anak SD yang ikut tes hanya 1 anak saja yang lulus sedangkan 19 anak tidak lulus. Nilai rata-rata secara keseluruhan adalah 57.35. Hal ini menunjukan bahwa anak-anak perlu untuk mengikuti bimbingan belajar Bahasa Inggris. Hasil pos tes yang dilakukan setelah bimbingan belajar Bahasa Inggris dilakukan menunjukan bahwa dari 20 anak SD yang ikut tes semuanya lulus tes. Hal ini dapat dilihat dari nilai dari setiap anak meningkat dari sebelum bimbingan belajar Bahasa Inggris. Data menunjukan bahwa 8 anak mendapat rentang nilai 60-69 sedangkan 12 anak mendapat rentang nilai 70-79. Hasil nilai rata-rata dari 20 anak adalah 70. Dengan demikian bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak SD dapat meningkatkan hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cameron, L. 200. Teaching Language to Young Learners. Cambridge University: London.

Halliwell, Susan. 2004. Teaching English in the Primary Classroom. Longman Publishing: New York.

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited: England.

Juhana. 2014. Teaching English to Young Learners: Some Points to be Considered. Asian Journal of Education and e-Learning (ISSN: 2321 – 2454) Volume 02 – Issue 01, February 2014. Accessed from www.ajouronline.com

Lewis, Gordon & Gunter, Gunher. 2000. Games for Children. Oxford University Press: Oxford.

Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Macmillan Heinemann: New York

Mustafa, B. 2003. EFL For Young Learners, (Writing Team of CREST Bandung), Bandung.

Pišlar, Betka. 2009. Five Elements of Teaching English to Young Learners: An Example from Little Red Riding Hood. MEXTESOL Journal, Volume 33, No.1, 2009.

Shin, Joan Kang. 2007. Ten Helpful Ideas for Teaching English to Young Learners. Journals of English teaching Forum, Vol.44, no.2, 2007.

Wright, Andrew, et el. 2006. Games for Language Learning: Third Edition. Cambridge University Press: New York.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844.g3018

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika