Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung

Muhammad Sholeh, Edhy Sutanta

Sari


Abstrak  

Peran guru di era digital saat ini tidak hanya berperan sebagai pendidik tetapi juga sebagai penggerak dalam menggunakan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang berkembang cepat harus dapat diikuti para guru dengan menggunakan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.  Salah satu bentuk penggunaan teknologi informasi dapat diimplementasikan dalam bentuk bahan ajar. Dengan adanya bahan ajar berbasis digital ini, proses pembelajaran dapat dikemas lebih menarik dengan menambahkan materi yang menggunakan multimedia seperti animasi, gambar dan video.Proses pembuatan bahan ajar digital dapat menggunakan aplikasi yang khusus digunakan untuk mengembangkan bahan ajar. Dengan aplikasi yang khusus ini, proses pembuatan bahan ajar dapat dilakukan dengan mudah dan para guru diharapkan tidak mengalami kesulitan. Dengan kemudahan aplikasi yang diharapkan guru dapat mengembangkan bahan ajar dengan mudah dan hasil bahan ajar yang mempunyai tampilan yang menarik Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pengembangan bahan ajar adalah dengan menggunakan sparkol videoscribe.Dalam program pengabdian pada masyarakat khususnya para guru di SMK Tembarak Temanggung, tim dari IST AKPRIND memberikan pelatihan dan pendampingan para guru dalam pengembangan bahan ajar dengan menggunakan videoceribe. Metode pelatihan dilakukan dengan memberikan tutorial dan contoh pembuatan materi serta  memebrikan pendampingan dengan melihat langsung hasil akhir dari bahan ajar yang dibuat para guru. Hasil akhir dari kegiatan ini, para guru sudah mampu dalam membuat bahan ajar berbasis digital.

Kata kunci : Guru, bahan ajar, videoscribe, SMK Tembarak


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A., Z., Asnimar, Srirarasati, & L, Y. (2017). PEMANFAATAN MEDIA VIDEOSCRIBE-SPARKOL UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI GURU DAN PESERTA DIDIK1. Seminar Nasional, PPS Unsri (pp. 302-313). Palembang: Universitas Sriwijaya.

Anonim. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Anonim. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS.

Asmarani, N. (2014). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI. Bahana Manajemen Pendidikan , Volume 2 Nomor 1, Juni 2014, 502-510.

Dellyardianzah. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN Vol 6, No 10 (2017), 6(10), 1-10.

Wahyuni, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Compact Disc Interactive (CD-I) Berbasis Video Scribe Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran TKB Kelas X Tav Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro., 6(2), 161-166.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4766

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4766.g2935

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika