Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik di Ruang Tenang RS.Jiwa

Danar Lingga Maulana, Nurul Iklima

Sari


Abstrak

Komunikasi terapeutik sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan dan dapat mengubah perilaku pasien dalam mencapai kesehatan optimal. Penyebab ketidakpuasan pasien disebabkan karena kurang baiknya komunikasi yang terjadi dengan pasien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap perawat tentang komunikasi terapeutik di ruang tenang Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Penelitian Deskriptif, populasi adalah seluruh perawat D3 dan S1 di ruang tenang, dengan jumlah sampel 56 orang diambil secara proporsional random sampling,, menggunakan uji statistik analisis univariat dengan hasil dalam bentuk distribusi frekuensi. Pendidikan perawat 71,4% DIII Keperawatan dan 28,6%   S1 Keperawatan. Perawat dengan pendidikan DIII keperawatan memiliki pengetahuan baik sebesar 87,5% dan sikap yang favorable terhadap komunikasi terapeutik  100%, S1 Keperawatan seluruhnya memiliki pengetahuan baik dan sikap yang favorable sebanyak 100%.

Kata Kunci : Komunikasi teurapeutik, pengetahuan, sikap.      


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damaiyanti,Mukhripah. 2010. Komunikasi Terapeutik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: Rifika Aditama.Cetakan Kedua

Diana, R. S., & Ekowati, W. (2006). Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapeutik terhadap Kemampuan Komunikasi Perawata dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Elisabeth Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman,1(2), 53-60.

Mundakir, C. (2006). Komunikasi Keperawatan: Aplikasi dalam Pelayanan.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.

Notoatmodjo, S. (2010). Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia.

Nurjannah, I. (2005). Komunikasi Terapeutik (Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat). Yogyakarta: Mocomedia.

Suryani, 2005, Komunikasi Terapeutik; Teori dan Praktik, EGC, Jakarta. Taylor, Lilis & LeMone. 1993, Fundamental of Nursing; the Art and Science

Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika, 11-18.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4157

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4157.g2546

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika