Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” Untuk Pemasaran Produk Secara Online

Zanuar Rifai, Luzi Dwi Oktaviana

Sari


Abstrak

Perkembangan peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang pesat ditunjukkan oleh jumlah unit usaha dan pengusaha, serta kontribusinya terhadap pendapatan nasional, dan penyediaan lapangan kerja.Potensi industri kerajinan di Kabupaten Banyumas cukup besar dan bervariasi. Sentra UMKM Pratistha Harsa Banyumas adalah pusat penjualan barang-barang hasil kerajinan para pengrajin diwilayah Kabupaten Banyumas, namun diperlukan promosi yang baik untuk bisa menjual produk yang dibuat sehingga dapat meninggkatkan pendapatan sentra UMKM Banyumas  dan juga minat belanja wisatawan yang datang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.

Kata Kunci : Sentra UMKM, Pratistha Harsa, UMKM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bappenas. 2006. Upaya Pemberdayakan UMKM. www.bappenas.go.id.

Kementrian Koperasi dan UKM, “Perkembangan data UMKM.” [Online]. Available: http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/data-umkm/.

Tulus Tambunan, UMKM DI INDONESIA. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.

Undang Undang Republik Indonesia No.20, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 2008.

Susilo, S.Y., Krisnadewara, P.D., dan Soeroso, A.,. 2008. ”Masalah dan Kinerja Industri kecil Pascagempa: Kasus di Kabupaten Klaten (Jateng) dan Kabupaten Bantul (DIY)”, Jurnal Akuntansi Bisnis dan Manajemen, Vol. 15 No. 2, Agustus 2008, hal. 271 – 280.www.depkop.go.id

Tambunan, Tulus .2000. Perkembangan Industri Skala Kecil di Indonesia, Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya

Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang,Tantangan, Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum.

Tambunan, Tulus. 2012, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: IsuIsu Penting. LP3ES




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4154

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4154.g2563

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika