Penerapan Proses Kerja Dalam Penyiaran Media Televisi

Muhammad Tsabit, Nina Kusumawati, Fauzi Syarief, Agus Suryadi, Varadina Bunga

Sari


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan proses kerja dalam penyiaran media televisi, hal ini dikaji karena masih banyak siswa siswi yang belum mengetahui bagamana proses kerja dalam media televisi sampai menghasilkan sebuah program yang baik. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Siswa siswi SMKN 4 Bekasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan sebanyak 8 orang melibatkan Siswa siswi SMKN 4 Bekasi Hasil dari penelitian ini bahwa siswa siswi SMKN 4 Bekasi belum mengetahui bagaimana proses kerja dalam media penyiaran Televisi dan bagaimana menciptakan konten kreatif yang mendidik. Mereka hanya mengetahui bahwa sebuah program dikerjakan secara sederhana dengan jumlah crew produksi tidak terlalu banyak. siswa siswi SMKN 4 Bekasi hanya mengetahui kapan jadwal tayang dan tidak pernah memikirkan bagaimana proses tayangan tersebut diproduksi. Hal ini yang menyebabkan siswa siswi SMKN 4 Bekasi selalu menganggap bahwa bekerja di media televisi itu enak karna proses kerjanya mudah.Untuk mengatasi ketidak pahaman siswa siswi SMKN 4 Bekasi tentang proses kerja dalam penyiaran media televisi, maka dilakukan pemahaman proses kerja media televisi dengan pendekatan penyuluhan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang rahasia dapur proses kerja televisi. Dari mulai tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

Kata Kunci: proses kerja, pra produksi, produksi dan pasca produksi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Badjuri. (2010). Jurnaslitik Televisi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Freed Wibowo. (2007). Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta. Pinus

Book Publisher,

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo. Jakarta.

Garna, J K. (1999). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Primaco Akademika.

Bandung.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta.

Kencana Jakarta.

Mudjia Rahardjo. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif

Suryadi, Israwati. (2013). Kajian Perilaku Menonton Tayangan Televisi dan

Pendidikan Literasi Media pada Remaja.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4144

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4144.g2537

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License