Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin

Rizki Tri Prasetio, Yudi Ramdhani, Iedam Fardian Anshori, Ali Akbar Rismayadi, Syarif Hidayatulloh, Ade Mubarok

Sari


Pembangunan pedesaan mengalami perubahan signifikan seiring pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) dapat digunakan untuk menggambarkan tingkat pembangunan teknologi informasi dan komunikasi suatu wilayah. IP-TIK Jawa Barat mengalami peningkatan pada tahun 2016 hingga 4,51 dari tahun sebelumnya sebesar 4,06. Peningkatan indeks ini termasuk pada wilayah perkotaan dan pedesaan. Desa Karyamukti merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Dalam upaya peningkatan indeks IP-TIK pada Kecamatan Cililin, dilakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema pengenalan Microsoft Office pada warga desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan teknologi informasi dan komunikasi melalui salah satu perangkat lunak perkantoran yang paling sering digunakan yaitu Microsoft Office. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan tiga konstruk yaitu persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan sikap terhadap penggunaan (attitude toward using). Sampel dalam penelitian ini adalah warga desa Karyamukti sebanyak 100 orang. Dari hasil analisis jalur, dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan positif terhadap sikap terhadap penggunaan dengan tingkat hubungan sebesar 24%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2016). Statistik Telekomunikasi. 2016: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2017). Perkembangan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2013). Jumlah Tenaga Kerja Menurut Provinsi. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Devi, N. S., & Suartana, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1, 1-18.

Eka Agung, S. Y. (2013). Belajar dan Analisis Tuntas Statiska Berbasis Komputer.

Fatmasari, & Muhammad, A. (2014, Agustus). Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penerimaan KRS Online. Jurnal Ilmiah MATRIK, 16(2), 1-10.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish CV. Budi Utama.

Hanggono, A. A., Handayani, S. R., & Susilo, H. (2015, September 1). Analisis Atas Praktek TAM (Technology Acceptance Model) Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26, 1-9.

Imasari, K., & Nursalin, K. K. (2011, Desember). Pengaruh Costumer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT BCA Tbk. Fokus Ekonomi (FE), 10(3).

Indrianto, H., Susanto, I., & Wijaya, A. F. (2016, Februari). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dalam Peningkatan Kinerja Promosi Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016.

Prasetio, R. T. (2014). Inventory Control Using Statistics Forecasting on Manufacture Company. Jurnal Informatika, 136-142.

Prasetio, R. T., Mubarok, A., Ramdhani, Y., Junianto, E., Rismayadi, A. A., Anshory, I. F., . . . Topic, S. (2018). Upaya Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Implementasi ICT pada Look At Hijab Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 104-111.

Relawati. (2014, April). Analisa Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Perpustakaan Dengan Mengunakan Metode Technology Acceptance Model. Jurnal Pelita Informatika, VI(2), 1-9.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4142

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4142.g2538

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License