Peran Nitizen Dalam Membentuk Opini Publik

Fitriyanto Fitriyanto, Ilham Albar Pane, Romi Syahril, Achmad Maulizal, Ade Chitra Permatasari

Sari


Abstrak

Artikel ini membahas mengenai perilaku masyarakat dalam hal ini adalah siswa-siswi SMK 4 Bekasi agar memahami peran mereka dalam menggunakan media sosial atau lebih familiar di dunia maya dengan istilah Nitizen, mereka-mereka adalah remaja yang menggunakan beragam media sosial.Hal ini dikaji dikarenakan masih terdapat masyarakat yang belum memahami tentang peran mereka untuk menyampaikan informasi ke publik.Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan paradigma konstruktif, penelitian merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada remaja khususnya siswa-siswi SMKN 4 Bekasi.Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui diskusi dan wawancara yang melibatkan 15 siswa dan siswi SMKN 4 Bekasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa remaja masih sangat awam dalam pemahaman dampak dari apa yang di sebarkan, mereka hanya sebatas menyebarkan dan cenderung mengikuti berita viral. Hal ini dikarenakan remaja belum memiliki pengetahuan tentang bagaimana menyaring informasi, membedakan informasi dan kecendrungan mengikuti Nitizen lainnyaatau tren yang terjadi di dunia maya. Tingkat pemahaman mereka akan teruji ketika diberikan materi dan diskusi mengenai dampak dari peran mereka dalam menyebarkan informasi bisa berdampak opini publik, yang bersifat menggiring pada keyakinan masyarakat luas bahwa berita viral itu benar. Kesimpulan bahwa pentingnya mengajak dan memberika pemahaman pada remaja mengenai pentingnya mendapatkan pengetahuan lebih bahwa mereka turut andil dalam menggiring informasi masyarakat, mereka harus paham bahwa informasi yang mereka terima tidak boleh langsung di share, harus ada kroscek dulu tentang kebenaran dan sumber berita yang mereka peroleh, andaikata boleh di share pun harus melihat dulu grup dan teman sekitarnya, apakah perlu dan apakah ada dampak sosial didalamnya. Pada akhirnya mereka akan paham dampak dari informasi yang mereka sebarkan dan mengindari dari maraknya salah informasi selama ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, Burhan, 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana

Arifin, Anwar, 2010. Opini Publik.Jakarta : Gramata Publishing, Bara.

Akbar Ali, 2005, Menguasai Internet Plus Pembuatan Web, Bandung: M2S.

Moleong, Lexy J, 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rodaskary.

Mulyana, Dedy, 2008. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung : Rosdakarya

Sendjaja, Djuarsa, 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4136

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4136.g2542

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika