Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Chairil M Noor, Gartika Rahmasari

Sari


Abstrak

Artikel ini berjudul “Esensi Perencanaan Bisnis Yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)”, ditulis dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada pembaca bahwa sedemikian penting keberadaan UMKM dalam membangun kehidupan ekonomi masyarakat sehingga perlu penanganan yang baik dilihat dari aspek perumusan perencanaan usaha yang memadai bagi UMKM. Artikel ini diolah dari berbagai sumber data terutama studi literatur yang berhubungan dengan judul yang menggambarkan permasalahan yang dibahas. Adapun metode pembahasan dalam artikel ini adalah mendekripsikan berbagai sumber literatur yang dianalisis  dengan melihat kondisi riil yang ada di masyarakat lalu membandingkannya.

Kondisi yang harus selalu dijaga oleh UMKM bahwa keberlangsungan usaha (sustainability) dan trust nasabah atau masyarakat perlu dipelihara dengan sebaik mungkin, oleh karena itu sudah saatnya UMKM dikelola secara professional termasuk dalam penyusunan perencanaan bisnisnya. Rencana bisnis merupakan kebijakan berupa konsep yang menggambarkan rencana pengembangan dan kegiatan usaha UMKM dalam jangka waktu tertentu, serta strategi untuk merealisasikan rencana tersebut sesuai target dan waktu yang ditetapkan, yang mencakup rencana dalam jangka pendek, jangka menengah, dan rencana strategis pengembangan jangka panjang (Rensta). Hal penting yang perlu diperhatikan dalam rencana bisnis UMKM yaitu: faktor eksternal dan internal, prinsip kehati-hatian, asas pengelolaan usaha yang sehat, matang realistis dan komprehensif, serta berorientasi pada arah kebijakan pencapaian berupa vision, mission, goal, objective, dan jobs (VMGOJ). Keberhasilan pelaksanaan rencana bisnis UMKM dan terpenuhinya target serta indikator pencapaian  dalam perncanaan ditentukan oleh bagaimana SDM bekerja dalam satu teamwork yang kompak dan profesional.

Kata Kunci: Perencanaan Bisnis, Rencana Strategis, UMKM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allison, M., & Kaye, J. (2005). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Bygrave, W. D. (1994). The portable MBA in Entrepreurship. New York: John Willey & Sons, Inc.

Coulthard, M., Howell, A., & Clarke, G. (1999). Business Planning: The Key to Success. Australia: Macmillan Education.

Haines, S. G. (2000). The System Thinking Approach to Strategic Planning and Management. London: St. Lucie Press.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rasyid, A. H. (2015). Business Plan Website Laughonthefloor.com. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 135–159.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4112

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4112.g2525

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License