Kampanye Melek Media

Mike Indarsih, Hani Yuniani, Azhar Hutomo

Sari


Abstrak

Media Televisi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, banyak sisi positif dan negative yang ditimbulkan dari media televise, bagaimana televisi memiliki kekuatan mampu mengubah tingkah laku manusia dalam kehidupannya, terlebih anak sekolah dasar yang  masih membutukan pendampingan dalam menonton tayangan televisi. Guru merupakan pendidik yang sangat menjadi acuan murid muridnya dalam membentuk kepribadian dini, seorang guru bukan hanya seorang yang pandai mengajar disekolah namun juga memiliki tanggungjawab bagaimana bisa mengarahkan anak didiknya dalam memilih tayangan yang layak ditonton sehingga mampu membentuk pribadi yang baik melalui apa yang dilihat mereka. Konsep Teori kultivasi gebner dalam McQuail (1991) bagaimana teori ini menggambarkan efek kekerasan media massa.  Metode yang digunakan adalah kualitatif. Dengan key informan dan informan adalah Guru guru SD Ulujami 05 Jakarta. Hasil penelitian ini adalah para pendidik SDN 07 Ulujami Jakarta Selatan belum memahami tentang literasi media, walaupun istilah literasi media pernah didengar namun tidak memahami yang dimaksud. Kesimpulan dan saran penelitian ini adalah pentingnya mengajak dan memberikan pemahaman bagi para pendidik untuk melek media, karna pendidik yang paling dekat dengan para murid dan mampu mengarahkan dengan baik bagaimana cara memilih tayangan yang baik untuk ditonton sehingga mampu memfilter dampak negative dari kehadiran televise dimasyarakat.

Kata kunci : literasi media, televisi, guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriadi, 2013, Tamburaka. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, Dasrun. Kuswarno. Zubair. Hafiar. (2017). Negosiasi Citra Budaya Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunikasi Aspikom. Vol. 3 No. 2. 157-172.

Hidayat, Dasrun. (2016). Wartawan Media Now dalam Mengemas Berita. Jurnal Komunikasi Aspikom. Vol. 2 No. 5. 295-303.

McQuail,Denis (1991), Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedua, Jakarta, Erlangga

Shoemaker, Pamela.(1996). Mediating The Message, USA, Longman Publisher

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta. Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4092

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4092.g2545

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License