Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Rajutan di CV Konta Djaya Binong Jati

Rahmat Priyanto, Sopa Martina, Faizal Hamzah, Putri Riva Somantri, Didin Syarifuddin

Sari


Sentra industri rajut Binong Jati adalah salah satu kawasan wisata belanja yang ada dikota Bandung, salah satu UMKM yang ada di sentra industri Binong Jati adalah CV Konta Djaya. Ditengah menurunya jumlah UMKM yang memproduksi rajutan dikarenakan tidak stabilnya penjualan produk, CV Konta Djaya terus berupaya agar mampu bertahan dari berbagai kesulitan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran promosi, volume penjualan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada CV Konta Djaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa CV Konta Djaya dalam upaya untuk meningkatkan volume penjualan produknya dapat menggunakan metode penjualan langsung kepada konsumen, dimana metode ini membutuhkan kegiatan promosi yang tepat sasaran, sehingga produk yang ditawarkan memiliki nilai positiif di pasaran. Berkembangnya teknologi infomasi saat ini menjadi salah satu media alternatif yang dapat digunakan CV Konta Djaya dalam mempromosikan produknya, baik melalui website atau media sosial. Apabila kegiatan promosi penjualan yang dilakukan tepat sasaran, maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan volume penjualan produk. CV Konta Djaya dapat membentuk bidang hubungan masayarakat internal, dimana tugas dari bidang tersebut adalah untuk mengkampanyekan dan mengkomunikasikan berbagai hal positif produk yang dimiliki. Pengemasan publikasi yang baik akan berdampak pada peningkatan kepercayan pasar pada lembaga ataupun pada produk yang dihasilkanya.

Kata Kunci: Promosi, Hubungan Masyarakat, Volume Penjualan dan Publisitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angipora, M.P. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan 7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anom, Erman. 2004. Public Relations Dalam Kegiatan Marketing. Jurnal Komunikologi Vol. 1 No.1.

Basu, Swasta, 1996. Manajemen Pemasaran Modern, Yogykarta: Liberty.

Daniel. Mc, Lamb, Hair. 2001. Pemasaran Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Djayakusuma, Tams. 1982. Periklanan. Bandung: Armico.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Pengendalian. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Krisyantono. 2008. Public Relations Writing: Media Public Relations Membangun Citra Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Machfoedz. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Cetakan 1. Yogyakarta: Unit Penerbit & Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Nitisemito, Alex S. 1984. Marketing. Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Rumanti, Maria Assumpta Sr. 2002. Dasar-Dasar Public Relation Teori Dan Praktik, Jakarta: PT. Grafindo.

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi. Jilid 1. Jakart: Erlangga.

Shimp, Terence A. 2000. Promosi Dan Periklanan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Swasta, Basu. 1996. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tunis, A. J. Martina, S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Thesecret Factory Outlet. Jurnal Pariwisata, Vol. 3, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.4026

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.4026.g2496

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika