Strategi Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi UKM Baju Bayi Inda Collection)

Riris Roisah, Lumanul Hakim, Amirul Mukminin

Sari


Abstrak

Pentingnya brand awareness terhadap produk UMKM sebagai dasar utama untuk memperkenalkan merek suatu produk. Strategi pengembangan merek yang tepat dapat memudahkan konsumen dalam memilih produk ditengah banyaknya pilihan dan kualitas yang ada serta dapat mengantarkan para pelaku usaha tersebut memasuki pasar nasional dengan citra postif yang melekat pada perusahaan tersebut. Tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu melakukan introduksi pentingnya merek sebuah produk dalam upaya mengembangkan usahanya. Sehingga kajian ini dapat dijadikan masukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah, khususnya Indra Collection sebagai strategi brand awareness dalam pengembangan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dalam mengembangkan merek para pelaku usaha perlukan menggabungkan antara peran manjemen merek dalam organisasi sebagai faktor internal dan brand recognition sebagai faktor eksternal.

Kata kunci: UMKM, Merek, Kesadaran Merek


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Inayati, L. S., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas,Asosiasi Merek, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2461-0593), 2. Retrieved from https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/3064

Indayani, L. (2016). Pengaruh Reference Group Dan Brand Awareness Terhadap Buying Interest Smartphone� Pada Galery Erafone (Giant Suncity Sidoarjo).

Nugraha Hari Susanta, Ariyanti Fitrie, D. (2004). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan Di Kabupatan Jepara, 16–23.

Rahab. (2009). Penerapan Manajemen Merek pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 16(1), 18–25. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14123126

Rahayu, R. M. (n.d.). MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH Riris Mey Rahayu Universitas Trunojoyo Madura, 226–243.

Santoso, N., Damajanti, M. N., Muljosumarto, C., Studi, P., Komunikasi, D., Seni, F., … Siwalankerto, J. (n.d.). PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KEPADA MASYARAKAT Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian.

Untono, S. A. (2016). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Jkt48 Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Sepeda, 2(3), 101–111.

Yudhiartika, D., & Haryanto, J. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi, 17(2), 142–156. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/2187




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3972

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3972.g2502

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika