Instagram Sebagai Alat Promosi UKM Jersey Futsal Bandung

Ali Amran, Srie Wijaya Kesuma Dewi, Susilawati Susilawati, Abdurrahman Fauzi

Sari


Pembekalan pengetahuan dan pelatihan digital marketing tentang penggunaan media sosial Instagram yang tepat dan efektif sangat diperlukan UKM dalam menghadapi era pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemilihan media sosial Instagram sebagai topik pelatihan sudah tepat sesuai dengan pilihan pelanggan Jersey Futsal Bandung; media digital mana yang paling mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk; apakah keberadaan media digital mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk; dan apakah konsumen mendapatkan kepuasan dalam membeli produk melalui media digital yang ada. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan menyebarkan kuisoner kepada 20 responden. Hasil penelitian ini yaitu media sosial Instagram sudah tepat dijadikan sebagai topik pelatihan di UKM Jersey Futsal Bandung karena sesuai dengan pilihan responden yang memilih Instagram sebagai pilihan tertinggi. Instagram juga menjadi media yang paling mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk. Keberadaan media digital sangat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam pembelian produk. Konsumen mendapatkan kepuasan dengan membeli produk melalui media digital. Kata Kunci: Pemasaran Digital, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, S., Rahmi, & Purwana, D. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ), 1(1), 1–17.

Anjaskara, D. I. (2016). Pengaruh Sikap pada Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Produk Kecantikan melalui Instagram.

Burdatul, S., Anshar, Y., & Suryaningsih, I. B. (2016). Pengaruh Selebriti Endorser Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Moderasi Gambar Produk Di Instagram Pada Mahasiswi Universitas Jember ( The Influence Of Celebrity Endorser And Price On Online Purchasing Decisions Through Moderation Produ. Artikel Ilmiah Mahasiswa - Universitas Jember.

Indika, D. R. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen, 1, 25–32.

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Lubis, I. B. H. (2016). Pengaruh Citra Merek, Media Iklan Instagram, dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Vans. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahalaxmi, K. R., & P. Ranjith. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal for Innovative Research in Science & Technology, 2(10), 332–338.

Munandar, & Chadafi. (2016). Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Kepercayaan, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram. Visioner & Strategis, 5(September), 1–8.

Premi Wahyu Widyaningrum, W. B. (2017). Workshop Internet Dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Kelompok Pengusaha Muda Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ADIMAS, 1, 7.

Samson, R., Mehta, M., & Chandani, A. (2014). Impact of Online Digital Communication on Customer Buying Decision. Procedia Economics and Finance, 11(14), 872–880. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00251-2

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. P. (2016). Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1–15.

Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Komunikasi, x(2), 145–160.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3918

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3918.g2483

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika