Workshop Manual & Digital Accounting Pada Badan Usaha Milik Desa Girimekar

Musafa Musafa, Yosep Hernawan, Sri Wijaya Kesuma Dewi

Sari


Abstrak

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan salah satu program pemerintah yang diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan percepatan kesejahteraan, dan pembangunan desa. BUMDes dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa dan taraf ekonomi masyarakat jika implementasinya berjalan dengan baik dan benar. Artinya pengelolaan BUMDes harus professional, transparan dan berorientasi pada proses dan hasil layaknya perusahaan komersil atau BUMN. Profesional mencakup sumber daya manusia yang mengelola BUMDes harus kompeten di bidangnya, mempunyai keahlian khusus sesuai dengan deskripsi pekerjaannya. Transparan meliputi keterbukaan pengelolaan BUMDes yang dapat terpantau oleh Kepala Desa atau masyarakat pada umumnya. Berorientasi pada proses dan hasil, menuntut BUMDes mempunyai visi dan misi serta target yang harus dicapai dan dikomunikasikan kepada masyarakat bagaimana mengelola potensi desa agar tujuan dari BUMDes sebagai sarana peningkatan percepatan kesejahteraan dan pembangunan desa dapat efektif. BUMDes Girimekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung berusaha menjadi solusi pemberdayaan potensi Desa Girimekar. Akan tetapi terdapat kendala mengenai pengelolaan keuangan karena sumber daya manusia yang belum memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang akuntansi. Padahal aspek keuangan merupakan hal yang sensitif. Pengelolaan keuangan yang tidak akuntabel dikhawatirkan akan menjadi masalah serius di masa depan, seperti ketidaktahuan posisi keuangan, ketidakjelasan arus kas, pembuatan laporan keuangan yang kurang informatif sehingga laporan tersebut tidak dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk pengambilan keputusan finansial. Hal ini berakibat pada pengelolaan BUMDes yang tidak profesional dan tidak transparan sehingga hilangnya kepercayaan masyarakat.  Tujuan penelitian dan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan atau workshop mengenai manual dan digital accounting kepada pengelola BUMDes Girimekar agar dapat meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih baik dan akuntabel. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi,  workshop, pendampingan dan penerapan manual dan digital accounting. Adapun hasil yang diharapkan adalah BUMDes dapat menjadi sebuah badan yang professional dan transparan dalam pengelolaan keuangan sebagai salah satu faktor penentu manajerial yang baik.

Kata Kunci: BUMDes, Pengelolaan keuangan, manual dan digital accounting


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar Prabu Mangkunegara. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Dessler, Gary. (2005). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) edisi kesembilan jilid 2 edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.

Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). http://ojk.go.id.

Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ife, Jim. (2002). Community Development, Community Based Alternatives in Age of Globalization. Longman 1-69, 180– 225.

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta.

Kementrian Desa. http://kemendesa.go.id.

Korten, David C dan Sjahrir. (1988). Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Midgley, James. (1995). Social Development: The Development Perspective in Social Welfare. London: Sage Publication..

Mubyarto. (1989). Pengantar Ekonomi Pertanian: Lembaga Pendidikan Dan

Penerangan Ekonomi Dan Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama..

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa. Jakarta: Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta: Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam Negeri. (2010). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Badan Usaha Milik Desa. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia

Prabowo, T.H.E. (2014). Developing BUMDes (Village-owned Enterprise) for Sustainable Poverty Alleviation Model Village Community Study in Bleberan-Gunung Kidul- Indonesia. World Applied Sciences Journal 30 (Innovation Challenges in Multidiciplinary Research & Practice), 19-26.

Putra, A.S. (2015). Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2015). Penyajian Laporan Keuangan. Prakarsa Pengungkapan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Rahmayuni, Siti. (2017). Analisis Komparasi Proses Laporan Keuangan Secara Manual Dan Menggunakan Aplikasi Komputer Akuntansi. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan 2017, 148-152.

Sumodiningrat, Gunawan. (1997). Pengembangan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah. Jakarta: Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta: Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2014) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Jakarta: Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3917

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3917.g2500

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika