Strategi Promosi UMKM Kampung Rajut Binong Jati Sebagai Kawasan Wisata Belanja

Rian Andriani, Oda I.B. Hariyanto, Erlangga Brahmanto, Rina Dwi Handayani, Willma Fauzia

Sari


Abstrak

Kampung Rajut Binong Jati Bandung merupakan salah satu kampung wisata yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat sejak tahun 1965 yang kemudian berkembang pesat karena semakin banyaknya permintaan produksi baik dari dalam maupun luar negeri. Dari situlah masyarakat sekitar mulai dipekerjakan dan semakin lama mereka mampu berdiri sendiri dan mendirikan usaha masing-masing hingga berkembang sampai saat ini, sehingga kampung rajut Binong Jati terkenal dengan pemukiman kerajinan rajutan. Kampung Wisata Rajut Binong Jati membutuhkan lebih dari sekedar mengembangkan mesin yang baik, mengembangkan produk yang baik, memberikan edukasi yang bermanfaat bagi para wisatawan, namun diperlukan promosi yang baik untuk bisa menjual produk yang dibuat sehingga dapat meninggkatkan pendapatan penduduk sekitar dan juga minat belanja wisatawan yang datang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.

Kata Kunci : Strategi Promosi, UMKM, Wisata


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfan, Y. A. S. I. R., & ASTUTI, E. Z. (2013). Rancang Bangun Website Pasar dan UMKM Sebagai Sarana Pengembangan Promosi Usaha di Pekalongan. Jurnal Ilmiah.

Darusman, F. M., & Rostiana, E. (2015). Penyerapan Tenaga Kerja pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Kota Bandung. TRIKONOMIKA, 14(1), 25-37.

Kotler, Philip & Gary M. Armstrong. 1997. Principle of Marketing. Prentice Hall.

Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(1), 101-123.

Putra, Agus Muriawan, 2006, Konsep Desa Wisata, Jurnal Manajemen Pariwisata, vol.5 No.1, Juni 2006.

Prabawati, Hemas Jakti Putri. 2013. FaktorFaktor Keberhasilan Community Based Tourism Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Kasus:PNPM Mandiri Pariwisata di Dataran Tinggi Dieng). Tugas Akhir Tidak Diterbitkan, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

SARASWATI, R. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMBANGAN KREASI WISATA KAMPUNG RAJUT BINONG JATI SEBAGAI KAMPUNG KREATIF DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampung Wisata Rajut Binong Jati Kota Bandung) (Doctoral dissertation, UNPAS).

Warpani, Suwardjoko dan Indira Warpani. 2007.Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah.Bandung: Penerbit ITB.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3880

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3880.g2497

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika