Sosialisasi Sistem Informasi Akademik Pada SMA Santika Bambu Apus Jakarta Timur

Bayu Saputra, Lita Sari Marita, Lia Mazia

Sari


Abstrak

Seiring dengan perkembangan  jaman, perkembangan dalam hal bidang komputer dan internet juga semakin bertambah  pesat. Salah satu cara untuk memanfaatkan internet di sekolah adalah dengan memanfaatkan teknologi infromasi yaitu dengan cara mengakses sistem informasi akademik sekolah berbasis internet. Beberapa contohnya yaitu mengakses soal pelajaran, mengakses nilai akademik dan mengakses data-data lain yang diperlukan melalui website. Dalam hal ini, mengakses materi pelajaran dinilai sangat penting bagi siswa karena dapat mengakses materi diluar jam sekolah. Demikian juga dengan mengakses nilai akademik, para guru maupun pegawai sekolah dapat mengolah nilai para siswa dengan mudah. Metode yang metode Waterfalls , metode tersebut biasa digunakan dalam pembuatan sistem informasi yang memiliki skala kecil. Sistem informasi akademik dibangun dengan tujuan membantu memberikan informasi secara cepat dan tepat tentang akademik sekolah antara pihak sekolah, siswa-siswi, orang tua dan masyarakat. Pemahamanakan adanya sistem informasi akademik ini sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan sistem dan kegagalan sistem, karenanya perlu diadakan traning Terhadap pengguna dalam hal ini TU, guru dan siswa sehingga sistem dapat berjalan secara optimal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sukamto, R. A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasis Objek. Bandung: Informatika.

Wardani, S. K. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan . Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS), 30-37.

Wijaya, G. W. (2016). Sistem Informasi Nilai Harian Siswa Berbasis Web Pada Sma Negeri 3 Bekasi. Jurnal Sistem Informasi, 263-270.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3874

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3874.g2485

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika