Sosialisasi dan Pemberian Sarana Penunjang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SD Sukawening Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Linda Hotmaida, Fahmi Fuadah, Kladinda Buluaro, Marliana Febriani

Sari


Anak sekolah merupakan kelompok yang rentan terhadap terjadinya masalah kesehatan karena pola hidup yang kurang baik. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diterapkan di lingkungan sekolah agar siswa tidak mudah sakit. Sekolah Dasar Sukawening merupakan salah satu sekolah dasar yang berlokasi di dekat Balai Desa Sukawening Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Permasalahan kesehatan siswa di SD Sukawening yaitu banyaknya angka kejadian karies gigi pada siswa, dan adanya kebiasaan tidak selalu mencuci tangan sebelum makan. Pentingnya keterlibatan dan komitmen yang kuat antara pihak sekolah dan orang tua untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan PHBS di sekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi dan dukungan sarana penunjang kegiatan PHBS. Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi ceramah, simulasi, dan pemberian sarana penunjang kegiatan PHBS berupa pemasangan wastafel, pemberian sikat gigi dan pasta gigi. Semua siswa tampak bersemangat dan antusias melakukan praktek mencuci tangan dan menggosok gigi.  Hasil kegiatan yaitu adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa tentang cuci tangan dan gosok gigi. Kegiatan PHBS memberikan manfaat kepada siswa yaitu meningkatkan kesehatan sehingga terlindungi dari ancaman penyakit, meningkatkan semangat belajar yang berdampak  pada prestasi belajar siswa, dan menurunkan angka absensi karena sakit.

Kata kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Anak Sekolah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DepKes. RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2013). Riset Kesehatan Dasar RISKESDAS 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2011). Situasi DIARE di Indonesia: Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan triwulan II. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Republik Indonesia.

Burton, M., Cobb, E., Donachie, P., Judah, G., Curtis, V & Schmidit, W. (2011). The Effect of Handwashing with Water or Soap on Bacterial Contamination of Hands. Int. J. Environ. Res. Public Health. Vol 8. Pages 97-104

Luby, S.P., Agboatwalla, M., Bowen, A., Kenah, E., Sharker, Y & Hoekstra, R.M. (2009). Difficulties in Mantaining Improve Handwashing Behaviour, Karachi, Pakistan. AM. J. Trop. Med. Hyg. Vol 81. No. 1. Pages 140-145.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3793

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3793.g2498

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika