IbM Pemanfaatan Open Educational Resources Bagi Guru SMA Taruna Terpadu Bogor

Fauzy Rahman Kosasih, Darminah Darminah, Suratinah Suratinah, Rahayu Dwi Riyanti, Juhana Juhana

Sari


Abstrak

Program Pengabdian kepada Masyarakat Ipteks bagi Masyarakat (IbM) bertema ”Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pencarian dan Pemanfaatan Sumber Pembelajaran Terbuka (OER) Berbahasa Inggris dari Internet bagi Guru-Guru SMA Taruna Terpadu – Bogor Center School, Bogor” bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru-guru SMA Taruna Terpadu – Bogor Center School, Bogor dalam memanfaatkan sumber-sumber pembelajaran terbuka (OER) di Internet untuk mendukung pembelajaran siswa di kelas. Kegiatan ini melibatkan mitra yaitu kelompok guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan guru-guru mata pelajaran lainnya di SMA tersebut. Kegiatan dimulai dengan kunjungan awal untuk menganalisis situasi dan kebutuhan guru-guru di lokasi. Kegiatan IbM difokuskan pada peningkatan kompetensi guru-guru SMA tersebut dalam pencarian dan pemanfaatan sumber-sumber pembelajaran terbuka (OER). Luaran kegiatan berupa laporan tentang unjuk kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber-sumber pembelajaran terbuka (OER) dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan monitoring dan konsultasi untuk menindaklanjuti hasil pelatihan terhadap peningkatan kemampuan guru-guru SMA tersebut dalam proses pembelajaran di kelas.

Kata kunci: OER, Sumber Pembelajaran Terbuka, Abdimas UT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, S. W., Setiyadi, A. B., Mistar, J. (2008). Buku materi pokok matakuliah strategi pembelajaran bahasa Inggris. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Community College Consortium for Open Educational Resources (CCCOER). https://oerconsortium.org/ diakses pada tanggal 15 Mei 2017.

Creative Commons Indonesia. (2012). Sumber Pembelajaran Terbuka dan Creative Commons. http://creativecommons.or.id/2012/12/sumber-daya-pendidikan-terbuka-dan-creative-commons/ diakses pada tanggal 15 Mei 2017.

Kemdikbud. (2017). Data pokok pendidikan dasar dan menengah. http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/11010211CA3405ACF74D diakses pada tanggal 18 Mei 2017.

The Hewlett Foundation. (n.d.) Open Educational Resources. http://www.hewlett.org/programs/education/open-educational-resources diakses pada tanggal 15 Mei 2017.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.3774

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.3774.g2513

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika