Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Baju Bayi Indra Collection

Adi Suparwo, Hendi Suhendi, Rizal Rachman, Toni Arifin, Mayya Nurbayanti Shobary

Sari


Abstrak

Modal masih menjadi masalah utama dalam suatu usaha. Kemajuan suatu usaha ditentukan oleh seberapa besar modal yang dimiliki. Semakin besar modal yang dimiliki maka semakin besar peluang usaha tersebut untuk memperoleh keuntungan yang berdampak pada perkembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan mengenai strategi pengembangan usaha kecil dan menengah terkait modal usaha yang diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi pengembangan usaha kecil dan menengah di Kota Bandung khususnya untuk industri baju bayi Indra Collection. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif yang menggambarkan dan memberikan solusi pada pelaku industri kecil dan menengah khususnya pada industri baju bayi Indra Collection. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pengembangan usaha dimulai dari cara pengelolaan modal usaha dan manajemen keuangan yang bijak dengan cara penghematan dan pengalokasian dana yang digunakan sesuai dengan peruntukannya. Dan hal ini tentunya harus didukung dengan memberikan pendampingan dan pembinaan yang tepat agar industri kecil dan menengah bisa berkembang pesat dan tetap bertahan.

 

Kata Kunci: Industri kecil dan Menengah, Modal Usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aribawa, D. (2016). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANGSUNGAN UMKM DI JAWA TENGAH. Jurnal Siasat Bisnis, Vol.20 No., 1–13.

Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. Jurnal NeO-Bis, Vol.8 No.2, 176–189.

Inayah, N., Kirya, I. K., & Suwendra, I. W. (2014). PENGARUH KREDIT MODAL KERJA TERHADAP PENDAPATAN BERSIH USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) SEKTOR FORMAL. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2.

Maryati, S. (2014). PERAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM DAN AGRIBISNIS PEDESAAN DI SUMATERA BARAT. ECONOMICA, Vol.3 No.1(ISSN: 2302-1590), 1–17.

Prasetyo, P. E. (2008). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran. AKMENIKA UPY, Vol.2.

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, Vol.5 No.9, 13–28.

Rachman, R., Suhendi, H., Shobary, M. N., Arifin, T., Suparwo, A., & Ariyandi, D. (2018). Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur Sari. Jurnal Abdimas BSI, Vol.1 No.1, 130–135.

Suci, Y. R. (2017). PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol.6 No.1, 51–58.

Susilo, Y. S. (2010). Peran Perbankan Dalam Pembiayaan UMKM di Provinsi DIY. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, Vol.14 No., 467–478.

Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). PENGARUH MODAL, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KAWASAN IMAM BONJOL DENPASAR BARAT. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol.3 No.1(ISSN: 2303-0178), 576–585.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3734

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3734.g2484

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika