Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi

Femi Oktaviani, Yulia Sariwaty, Dini Rahmawati, Auliana Gusfiani, Dani Ramdani

Sari


Para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah masih berfokus pada trading dan melupakan sisi branding, hal ini dapat disebabkan karena ketidaktahuan, ego, atau sifat tertutup para pelaku usaha atas ide baru dan merasa cepat puas. Dalam komunikasi pemasaran, salah satu fungsi branding adalah sebagai sarana untuk menanamkan citra positif di benak konsumen, sehingga perlu dipahami oleh para pelaku usaha, karena branding produk merupakan salah satu poin penting agar produk UMKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu. Salah satu UMKM yang berada di kota Bandung adalah CALIEF, bergerak di bidang pembuatan dan penjualan karpet, bantal, kasur, lemari, sofa dan kitchen set.  Pelaku usaha ini, sudah memulai usahanya selama 5 tahun lebih, namun dalam proses usaha yang dijalani saat ini, hambatan dan rintangan yang dihadapi CALIEF dalam meningkatkan kemampuan usaha sangat kompleks dan meliputi berbagai aspek, salah satunya kurangnya kemampuan branding dalam memperkenalkan produk ke konsumen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah observasi, wawanacara, diskusi dan ceramah, dimana tim pelaksana dan para pelaku usaha melakukan dialog yang membahas branding komunikasi pemasaran UMKM CALIEF. Hasil dari kegiatan ini yaitu penguatan produk Usaha Mikro Kecil dam Menengah dapat membantu proses pelaku usaha dalam meningkatkan eksistensi CALIEF dengan cara membuat branding produk untuk tujuan mengembangkan dan mempromosikan produk serta membangun brand awarenenss masyarakat terhadap produk. Sehingga masyarakat dan calon konsumen lebih kenal dan sadar akan brand yang merupakan hasil produksi dari UMKM CALIEF dibandingkan dengan pelaku bisnis lainnya.

Kata Kunci : Strategi komunikasi, branding, UMKM.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, D. 2014. Aaker On Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Isnaini, S. (2010). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia . Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik. Vol. 22 No. 4., 324-332.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kusno, F., Radityani, A., & Kristanti, M. (2007). Analisa Hubungan Brand Strategy yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Cafe dan Brand Equity yang Sudah Diterima Konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan. Vol. 3 No.1, 43-56.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3722

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3722.g2503

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika