Peningkatan Kemampuan Guru SDN 34 Seberang Palinggam dan SDN 06 Teluk Bayur Padang Dalam Mengembangkan Materi Ajar

Yulfia Nora, Ira Rahmayuni Jusar, Meiriani Armen, Meiriani Armen

Sari


ABSTRAK

 

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilatarbelakangi kondisi di sekolah mitra yang cenderung belum menyiapkan materi ajar yang sesuai dengan jenis dan prinsip pengembangan. Tujuan diadakannya PKM ini adalah agar materi yang disampaikan guru sesuai dengan jenis dan prinsip pengembangan materi ajar (fakta, konsep, pinsip dan prosedur). Dengan demikian, guru dapat dengan mudah menyampaikan materi di kelas. Siswa juga dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. PKM diadakan dalam bentuk pelatihan bagi guru-guru di SD Negeri 34 Seberang Padang dan SD Negeri06  Teluk Bayur Padang. Hasil dari pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa proses berjalan dengan baik dan guru sudah bisa menyusun materi ajar sesuai dengan prinsip pengembangan materi ajar.

Kata Kunci: Guru Sekolah Dasar, Kemampuan, Materi Ajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Imam Mustaqim. 2013. Pengembangan Materi Pembelajaran. https://imammalik11.wordpress.com/2013/12/12/pengembangan-materi-pembelajaran. (diakses tanggal 12 Desember 2017)

Muhammad Syamsul Arifin. 2015. Pengembangan Materi Pembelajaran. http://muhsyamsularifin.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/1979/2015/12/PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN.pdf. (diakses tanggal 12 Desember 2017)

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Permendiknas. 2005. Standar Pendidikan Nasional Pasal 1, Nomor 41 tentang Standar Proses.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3647

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3647.g2488

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika