Be Good Atitude Dalam Berpenampilan Pada UMKM “Mang Piat” Kabupaten Bandung Barat

Heni Rohaeni, Asri Salimah Hikmah, Rani Rahmayani

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan penerapan standar penampilan bagi para pegawai UMKM “Mang Piat” di Desa Girimukti Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini terdiri dari 5 indikator standar grooming yaitu: kebersihan dan kerapian diri (personal hygiene), sikap ramah (atittude), mengucapkan salam (greeting), sopan berbicara (polite), menyambut tamu (welcome guest). Metodologi penelitian yang digunakan adalah observasi dan studi pustaka. Pegawai yang ada didalam UMKM tersebut sebanyak 25 orang yang teridiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Sehinga hasil dari penelitian ini adalah bahwa penampilan sangat penting bagi pegawai karena bisa menjadikan sebagai daya Tarik para konsumen untuk membeli produk yang dijual. Kualifikasi tim pelaksana kegiatan program ini adalah sebagai berikut, Memiliki kepribadian yang lebih baik lagi yang sesuai dengan pekerja professional, Memiliki kemampuan untuk menserasikan antara berpenampilan dengan kepribadiannya masing-masing, serta keserasian warna dan bentuk tubuh dari orang yang mengenakannya dan Memiliki kemampuan kerja sama dengan orang lain dalam tim (mampu menyesuaikan diri dengan baik), sehingga dengan mudah bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

 

Kata kunci: Attitude, Penampilan, UMKM

 

Abstract

This study aims to determine the implementation of performance standards for employees of UMKM "Mang Piat" in the Village Girimukti West Bandung regency. This study consists of 5 standard indicators of grooming, namely: cleanliness and personal hygiene, atittude, greeting, polite, welcome guest. The research methodology used is observation and literature study. Employees who are in the SMEs as many as 25 people consisting of 14 men and 11 women. So the result of this research is that the appearance is very important for employees because it can make as the power Pull the consumers to buy products sold. The qualification of the implementation team of the program is as follows, Having a better personality that suits the professional worker, Having the ability to identify between the appearance with each personality, as well as the harmony of color and body shape of the person who wear it and Have the ability to cooperate with others in the team (able to adapt well), so that it can easily achieve the expected goals.

Key word: Attitude, Performing, UMKM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hendarto,M.G.Hartiti dan Tulusharyono, F.X. 2002, Menjadi Sekretaris Profesional: Seri Pengembangan Diri dan Karier No.4. Jakarta. PPM.

La Rose.2003.Top Secretary Membangun Kepribadian Dan Ketrampilan Menjadi Sekretaris Profesional.Jakarta:Erlangga

Rosidah, Ambar Teguh Sulistiyani. 2005. Menjadi Sekretaris Profesional Dan Kantor Yang Efektif.Yogyakarta: Gava Media.

Ernawati, Ursula, 2004, Pedoman Lengkap Kesekretarisan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Wursanto, Ignatius, 2006, Kompetensi Sekretaris Profesional, Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3181

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3181.g2014

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License