Cerdas Bermedia Sosial DiEra Digital Di Pondok Pesantren Daarul Muta’alimin Tasikmalaya

Yanti Apriyani, Herlan Sutisna, Miftah Farid Adiwisastra

Sari


Abstrak

Media sosial digunakan sebagai sarana berkomunikasi, berinteraksi dan membangun jaringan melalui media online bagi lapisan kalangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan etika kepada siswa/santri didalam menggunakan media social diera digital, serta pemanfaatannya untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Pengaruh lingkungan dan keluarga dapat menjadi factor penting mendorong remaja dan dampak yang didapatkan. Metode yang digunakan adalah Bimtek (Bimbingan Teknologi), pendampingan, pengawasan dan peran orang tua beserta guru kepada siswa/santri dalam penggunaan media social agar dapat dimanfaatkan secara bijak dan cerdas serta menghasilkan suatu yang bermanfaat bagi penggunanya. Hasil dari serangkaian proses Bimtek (Bimbingan Teknologi) yaitu peningkatkan pemahaman, kemampuan dan pengetahuan kepada siswa/santri dalam bermedia social dan transaksi lainnya yang berhubungan dengan ITE, sehingga perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara optimal dan tepat. Serta meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko yang akan didapat jika media sosial disalah gunakan.  Hendaknya penggunaan media social agar lebih dimaksimalkan untuk pendidikan dan pekerjaan, seperti memberikan informasi atau pemberitahuan karena sifatnya media social yang sangat cepat diakses. Media informasi dan teknologi ini tidak luput dari dampak positif dan negative tergantung pada kesesuaian penggunaaan masisng-masing individu.

 

Kata kunci: Media Sosial, Siswa, Teknologi Informasi

 

Abstract

For many people, social media is used for communication, interaction, and networking through online. The purpose of this activity is to increase student’s awareness and etiquette in using social media in this digital era, and also the benefits in developing their own talents. Family and environment might have big effect to push the youth and the impact they get. The method that is used is Bimtek (Technology Counselling), counseling, supervising and the tole of parents and teachers in the use of social media by their students and children to be use wisely and intelligently and produces beneficial things for the users. In result of this Bimtek (Technology Counselling) is to improve the understanding, the ability and the knowledge of the students in using social media and other transactions that have something to do with ITE. So the development of technology and information can be used optimally and appropriately. And also to improve the awareness towards the misuse of social media. Should use social media in order to be maximized for education and jobs, such us providing information or notice because it is very fast social media to be accessed. This information and technology media does not escape the positive and negative impacts depending on the suitability of the use of each individual.

 

Keywords: Social Media, Students, Technology Information

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII. 2016 . Profil Penggunaan Internet Indonesia. (Edisi Pertama). Jakarta : APJII

APJII. 2016. Data Pengguna Internet Berdasarkan Usia. (Edisi Pertama). Jakarta: APJII

Badri, M. 2011. Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Brogan, C. 2010. Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online.

Dailey, P. R. 2009.”Social Media: Finding Its Way into Your Business Strategy and Culture. Burlington, Linkage”.

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael. 2010. “Users of The World, Unite! The Challenges and Opprtunities of Social Media”. Business Horizons.

Lesmana, I.G. 2012. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Attachment (Study: PT. XL Axiata). Tesis: Universitas Indonesia.

McLuhan, M. 1962. The Gutenberg Galaxy; The Making of Typographic Man

Pondok Pesantren Daarul Muta’alimin. 2018. Profil Akademi. Tasikmalaya

Puntoadi, D. 2011. Menciptakan Penjualan melalui social media. Jakarta: PT. elex Media Komputindo.

Purnama, H. 2011. Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication, Jakarta.

Thomas, L.F. 2006. The World Is Flat. Jakarta: Dian Rakyat Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3165

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3165.g2017

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika