Upaya Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Implementasi ICT pada Look At Hijab Bandung

Rizki Tri Prasetio, Ade Mubarok, Yudi Ramdhani, Erfian Junianto, Ali Akbar Rismayadi, Iedam Fardian Anshori, Syarif Hidayatulloh, Salman Topiq

Sari


Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif milik perorangan yang menguasai lebih dari 95% dari jumlah pengusaha di indonesia. Dalam lima tahun terakhir, UMKM telah memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PBD) sebesar 57-60% dan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional. Dalam upaya pengembangan ekonomi nasional di Indonesia, yang menjadi prioritas utama yaitu UMKM karena menjadi struktur utama ekonomi kerakyatan untuk mengurangi permasalahan kemiskinan. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam meningkatkan kemampuan usaha sangat kompleks yang meliputi berbagai macam indikator diantaranya, kurangnya modal usaha, lemahnya kemampuan manajerial, terbatasnya area pemasaran dan ketersediaan informasi didalam maupun diluar perusahaan. Dalam usaha peningkatan produktivitas UMKM di era teknologi informasi, ketersediaan informasi yang berkualitas memiliki peranan yang sangat penting sehingga UMKM dituntut untuk memperhatikan dan mengelola informasi dengan baik. UMKM Look At Hijab yang bergerak dibidang penjualan hijab memiliki kendala terkait penyebaran informasi produk-produk dan perluasan area pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mendesain sistem informasi yang dapat mendukung dan meningkatkan produktivitas pada UMKM Look At Hijab menggunakan model pengembangan sistem waterfall berdasarkan kebutuhan fungsionalitas UMKM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas UMKM melalui pengelolaan informasi yang baik.

 

Kata Kunci: UMKM, Produktivitas, ICT

 

Abstract

Micro Small and Medium Enterprises (UMKM) is a productive business owned by individuals who control more than 95% of the number of entrepreneurs in Indonesia. In the last five years, UMKM have contributed to the Gross Domestic Product (GDP) of 57-60% and the employment rate of about 97% of the entire national workforce. In the effort of national economic development in Indonesia, which become the main priority that is UMKM because become main structure of people economy to reduce poverty problem. The problems faced by UMKM in improving business capability is very complex which includes various indicators such as lack of business capital, lack of managerial ability, limited marketing area and the availability of information inside and outside the company. In an effort to increase UMKM productivity in the era of information technology, the availability of quality information has a very important role so that UMKM are required to pay attention and manage the information well. Look At Hijab engaged in the sale of hijab have constraints related to the dissemination of information products and the expansion of the marketing area. The purpose of this study is to design information systems that can support and improve productivity at Look At Hijab using a waterfall system development model based on the needs of UMKM functionality. The results of this study are expected to help improve UMKM productivity through good information management.

 

Keywords: UMKM, productivity, ICT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, D. (2013). Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan UMKM di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 105-116.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2013). Jumlah Tenaga Kerja Menurut Provinsi. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Darwanto, D. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 142-149.

Harash, E., Al-Timimi, S., & Radhi, A. H. (2014). The Influence of Accounting Information System on Performance of Small and Medium Enterprise in Iraq. Journal of Business and Management, 48-57.

Kamar Dagang Indonesia. (2009). Strategi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Kamar Dagang Indonesia.

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Bank Indonesia.

Prasetio, R. T. (2014). Inventory Control Using Statistics Forecasting on Manufacture Company. Jurnal Informatika, 136-142.

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Setyanto, A. R., Samodra, B. R., & Pratama, Y. P. (2015). Kajian Strategi Pemberdayaan UMKM Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN. Etikonomi, 205-220.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 51-58.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: Republik Indonesia.

Yuniarto, S. R. (2011). Desain Sistem Informasi Reservasi Paket Wisata pada Usaha Kecil dan Menengah Sektor Jasa Travel. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan Sektor Publik, 197-211.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3160

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3160.g2004

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika