Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur SariManajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur Sari

Rizal Rachman, Hendi Suhendi, Mayya Nurbayanti Shobary, Toni Arifin, Adi Suparwo, Dwi Ariyandi

Sari


Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dari Universitas BSI telah memberikan manfaat kepada salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Kota Bandung yaitu pada perusahaan Baso Malang Campur Sari. Kendala – kendala yang kami peroleh mengenai pengaturan sumber daya manusia yang tidak optimal, pembukuan tidak rapih serta pemasaran masih menggunakan media motoris yang belum meluas. Sample yang kita ambil sebanyak 20 orang terdiri dari 1 orang kepala produksi, 5 orang Operasional produksi dan 14 orang tenaga pemasaran yang menggunakan motor yang sudah disediakan oleh pemilik UMKM. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pembinaan mengenai manajemen usaha perusahaan dan memberikan pelatihan dalam hal meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pengurus UMKM mengenai teknologi informasi yaitu melalui aplikasi sosial media. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah pelatihan, pendampingan manajemen, penerapan & penggunaan sistem informasi untuk pemasaran. Hasil dari kegiatan yaitu diharapkan efektifitas dan efisiensi kinerja dapat meningkat, adanya peningkatan pendapatan dan dengan adanya teknologi informasi sehingga wilayah pemasaran dapat lebih meluas.

 

Kata Kunci: Manajemen Usaha, Sosial Media, UMKM

 

Abstract

Community service activities undertaken by a team from BSI University has provided benefits to one of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), especially in the city of Bandung, namely the company of Baso Malang Campur Sari. Constraints - constraints that we get about the setting of human resources are not optimal, bookkeeping neat and marketing still use the media that has not been widespread motor. Sample that we take as many as 20 people consists of 1 head of production, 5 people Production operations and 14 people marketing personnel who use the motor that has been provided by the owners of SMEs. The purpose of this activity is to provide guidance on the company's business management and provide training in terms of improving the skills and knowledge of MSME management of information technology through social media applications. The methods applied in this activity are training, management assistance, implementation & use of information systems for marketing. The results of the activity is expected to be effectiveness and efficiency of performance can increase, the increase in income and with the existence of information technology so that the marketing area can be more widespread.

 

Keyword: Business management, Social Media, SMEs


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : Jurnal NeO-Bis, Vol.8 No.2(2), 176–189.

Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pramono, Fajar S. (2018). https://nasional.sindonews.com/read/1278750/18/resolusi-umkm-indonesia-1517531360. 2 Februari 2018.

R.Terry, George dan Leslie W.Rue. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Solekhan, & Winarso, R. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SANGKAR BURUNG DI KABUPATEN KUDUS. Prosiding SNATIF Ke-3, 445–448.

Suci, Y. R. (2017). PERKEMBANGAN UMKM ( USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ) DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol.6 No.1, 51–58.

Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (www.bi.go.id)

Widayanti, R. (2015). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENYEBARAN INFORMASI. Jurnal Abdimas, Vol.1 No.2, 81–87.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3141

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3141.g2007

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika