Hygiene dan Sanitasi Lingkungan di Obyek Wisata Kampung Tulip

Dini Rahmawati, Rina Dwi Handayani, Willma Fauzzia

Sari


Abstrak

Hasil dari observasi dilapangan menunjukan bahwa, aspek sanitasi dan hygiene lingkungan di kampung tulip yang letaknya di jalan ciwastra komplek  banyu biru belum memenuhi standar operasional dari segi lingkungan objek wisata, makanan,minuman serta minimnya pengetahuan tentang hygiene dan sanitasi lingkungan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian difokuskan pada pembuatan  penerapan standar operasional dan pengetahuan keilmuan tentang hygiene dan sanitasi lingkungan. Dengan tahapan : 1).memberikan pelatihan keilmuan tentang sanitasi lingkungan dan hygiene makanan dan minuman kepada pengelola dan karyawan.2)Penetapan standar operasional dan membuat perumusan tentang standar operasional yang berkerjasama dengan para ahli dibidang sanitasi lingkungan dan hygiene makanan dan minuman.3)Uji coba menerapkan standar operasional yang telah dirumuskan pada hari sebelumnya dengan didampingi oleh para pemateri.4) Melakukan pemantauan yang akan terus dilakukan hingga standar operasional tersebut dijalankan dengan baik dan menjadi bagian dari ritme kerja karyawan yang bertugas di obyek wisata Kampung Tulip.

 

Kata Kunci : Hygiene dan sanitasi, kampung tulip, standar operasional.

 

Abstract

The result of field observation shows that the aspect of sanitation and environmental hygiene in the kampong tulip, located on the ciwastra street of blue banyu complex has not met the operational standards in terms of tourism environment, food, lack of knowledge about cleanliness and environmental sanitation. Therefore, devotional activities are facilitated by the knowledge of hygiene and environmental sanitation. With stages: 1) .providing scientific training on environmental sanitation and food and beverage hygiene to managers and employees.2) Establishment of operational standards and formulation of operational standards in cooperation with experts in the field of environmental sanitation and food and beverage hygiene.3) applying the operational standard that had been formulated on the previous day accompanied by the speakers.4) which will continue to be carried out with well-. tourist attraction.

 

Keywords: Hygiene and sanitation, kampung tulip, operational standards


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes RI, 2004. Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman. Jakarta. Ditjen PPM dan PL.

Purnawijayanti, Hiasinta A. 2001. Sanitasi, Higiene dan Keselamatan Kerja dalam Pengolahan Makanan. Yogyakarta. Kanisius.

Widyati, R.dan Yuliahsih, 2002. Higiene dan Sanitasi Umum dan Perhotelan. Jakarta PT Gramedia Widiarsana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3127

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3127.g2000

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License