Implementasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan di Lembaga Belajar SMART CLUB BANDUNG

Rofily Putriyandari, Ali Amran, Riris Roisah, Yunika Komalasari, Wulan Yuliyana

Sari


Abstrak

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pertumbuhan pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia melalui strategi pemasaran yang tepat agar mampu berselancar di pasar kompetitif. Meningkatkan pengembangan produk layanan jasa dalam merebut peluang pasar melalui peningkatan kualitas produk dan pemasaran UKM Smart Club Bandung. Metode yang digunakan adalah Bintek (Bimbingan Teknologi), pendampingan serta penguatan dalam proses peningkatan produk layanan yang ditawarkan oleh Smart Club Bandung. Melalui metode tersebut produk layanan jasa yang ditawarkan Smart Club Bandung menjadi lebih variatif dan inovatif, sehingga menarik konsumen sebagai penggunan layanan jasa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Smart Club Bandung. Hasil dari serangkaian proses Bintek (Bimbingan Teknologi) yaitu peningkatan nilai aset dan pendapatan Usaha Kecil dan Mengah (UKM) Smart Club Bandung, peningkatan kuantitas dan kualitas layanan jasa Smart Club Bandung yang dipasarkan, peningkatan pemasaran produk layanan semakin berkualitas.

Kata Kunci : Sosial Media dan Strategi Pemasaran

 

Abstract

The purpose of this activity is to increase the growth of marketing of Small and Medium Enterprises (UKM) products in Indonesia through appropriate marketing strategies to be able to surf in competitive markets. Improving the development of service products in seizing market opportunities through product quality improvement and marketing UKM Smart Club Bandung. The method used is Bintek (Technology Guidance), assistance and strengthening in the process of product improvement services offered by Smart Club Bandung. Through the method of products offered services Smart Club Bandung become more varied and innovative, so as to attract consumers as a service provider of Small and Medium Enterprises (UKM) Smart Club Bandung. The result of a series of Bintek (Technology Guidance) process is the increasing of Smart Club Bandung Small and Medium Enterprises (UKM) assets, increasing the quantity and quality of Smart Club Bandung's marketed services, increasing the quality of service product quality.

Key word: Social Media and Marketing Strategy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII. 2016 . Profil Penggunaan Internet Indonesia. ( Edisi Pertama ). Jakarta : APJII

APJII. 2016. Pengunaan Internet Sektor Bisnis. (Edisi Pertama ). Jakarta : APJII

Buchwalter, C. 2009. The Future is Bright for Online Media. Nielsen Online White Paper.

Effendy O U. 2006, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Remaja Rosdakarya Offset :Bandung

Evans, Liana.2009. Social Media Marketing: Strategies for Engaging in Facebook, Twitter & Other Social Media, Princeton: University Press

Luke, K (2009), Marketing The New-Fashioned Way: Connect With Your Target Market Through Social Networking Sites, Journal of Financial Planning, 18 (2). Pg 18-19

Morrison, 2007., Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu Ramdina Perkasa: Jakarta

Kaplan, Andreas dan Haenlein, Michael. 2010. Users of The World, Unite! The Challenges and Opprtunities of Social Media. Business Horizons.

Kotler, Philip; Armstrong, Gary. 1997. Dasar-dasar Pemasaran; Principle of Marketing 7 e, Alih Bahasa Sindoro, Alexander. Penyunting Bahasa Molan, Benyamin. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid Pertama, Salemba: Jakarta,

Kotler, Philip; Hoon Ang, Swee; Meng Leong, Siew; Tiong Tan, Chin. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia,Buku I, Diterjemahkan oleh Tjiptono, Fandy, Penerbit Andi :Yogyakarta,

Kotler, Philip; Susanto, A.B. 2003. Manajemen Pemasaran Di Indonesia; Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Pertama, Salemba Empat:Jakarta,

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Erlangga.: Jakarta

Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2012, Marketing Management. Edition New Jersey: Prentice Hall.

Radiosunu.2001.Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Analisis, Edisi Kedua, Universitas Gajah Mada:Yogyakarta

Setiadi, N.J , 2003, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Prenada Media Group, Jakarta

Stephen, A. T., dan O. Toubia. 2010. Deriving Value from Social Commerce Networks. Journal of Marketing Research, Vol. 42, No. 2, pp. 215–228.

Swedowsky, M. 2009A Social Media “How To” for Retailers. Consumer Insight: The Nielsen Company.

Tito siswanto, 2013, Optimalisasi Sosial Media sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah, Jurnal Liquidity, vol 2, no 1, 80-86

Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Jakarta.

Patton, C (2009), The Social Networking Express, Professional Safety, 54:11, 5(1)

Ward, Francine D (2009) Social Media Linking and Promotion, London: Bantam Press




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3057

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3057.g1951

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License