Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip

Rahmat Priyanto, Didin Syarifuddin, Sopa Martina

Sari


Abstrak

Kampung Tulip adalah destinasi wisata yang terletak di kawasan ciwastra Kota Bandung. destinasi wisata ini menwarkan kegiatan berwisata dengan nuansa khas belanda sebagai daya tarik utamanya. Visi utama pengelola Kampung tulip adalah untuk menjadikan destinasi wisata ini sebagai tempat edukasi bagi wisatawan, namun dalam pelaksanaanya masih belum sejalan dengan visi yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang konsep wisata edukasi bagi destinasi wisata kampong tulip. Jenis penelitian ini adalah adalah deskriptif dengan pendekatan secara kualitataif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Rancangan model wisata edukasi dalam penelitian terdiri dari metode pembelajaran tutorial dan eksplorasi. Tujuan pembelajaran tutorial adalah untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai berbagai hal yang terdapat di destinasi wisata. Tujuan pembelajaran eksplorasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman wisatawan dengan melihat secara langsung objek pembelajaran tersebut.

Kata kunci : Wisata Edukasi, Pembelajaran Tutorial, Eksplorasi

 

Abstract

Kampung Tulip is a tourist destination located in ciwastra Bandung. This destination offers travel activities in Dutch nuances as the main attraction. The main vision of Kampung Tulip managers is to make this destination as a place of education for tourists, but in the implementation is still not in line with the vision set. The purpose of this study is to design the concept of educational tourism for Kampong Tulip. The type of this research is descriptive with a qualitative approach. Data collection is done through observation, interview and documentation study. The design of educational tourism model in research consists of tutorial learning and exploration learning method. The purpose of tutorial learning is to provide basic knowledge about the various things found in tourist destinations. The purpose of exploratory learning is to improve the knowledge and understanding of tourists by looking directly at the learning object.

Keywords : Educational Tourism, Tutorial Learning, Exploration.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dirgantara, A. R. (n.d.). Peran Interpreter dalam Kegiatan Geowisata: Studi Kasus Gunung Tangkuban Perahu.

Fandeli, C. 2001. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta:Liberty.

Gibson, H. (1998) The educational tourist. Journal of Phvsical Education. Recreation and Dance, 69 (4),32-34.

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, III(2).

Holdnak, A., & Holland, s. (1996) Edutourism: vacationing to learn: Parks and Recreation, 72-75.

Kalinowski, K., & Weiler, B. (1992) Review. Educational travel. In B. Weiler and C. Hall (Eds. ), Special Interest Tourism. London: Bellhaven.

Marpaung. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan.Bandung: Alfabeta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Rodger, 1998. Leisure, Learning and Travel, Journal of Physical Education, 69 (4): hal 28.

Sharma, Anukrati. 2015. Educational Tourism : Strategy for Sustainable Tourism Development with reference of Hadauti and Shekhawati Regions of Rajasthan , India.

Simond, J.O. 1983. Landscape Architecture. McGraw-Hill Book Co, NewYork.

Smith, C. & Jenner, P. (1997). Educational tourism. Travel & Tourism Analyst, 3, 60–75

Soepardi Harris, Atie Ernawati, Rita Laksmitasari. 2014. Revitalisasi Taman Wisata Sangraja Menjadi Pusat Wisata Edukasi dan Kebudayaan di Majalengka. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2014

Suyitno. (2001). Perencanaan Wisata. Yogyakarta: Kanisius.

Wijayanti, A. (2017a). Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Kembang Arum Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal. Tesis. Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta.

http://nasional.kompas.com/read/2017/04/25/06560531/kemendikbud.dukung.pemda.kembangkan.obyek.wisata.berbasis.kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2863

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2863.g1856

    
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
               Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika