Aplikasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Online pada Klinik Mulya Medika menggunakan Waterfall

Verra Sofica, Shelpy Tresia Agista, Rahayu Ningsih, Minda Septiani

Abstract



 Abstract  - Sebagaimana dinyatakan dalam (Kemenkes RI, 2014) Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik. Penelitian dilakukan di Klinik Mulya Medika dengan mengamati proses pendaftaran pasien rawat jalan secara langsung kemudian menganalisanya untuk bisa dijadikan sistem pendaftaran pasien rawat jalan online  dengan menggunakan metode waterfall, dimulai dari pengumpulan data secara akurat, menganalisis kebutuhan perangkat lunak, mendesain aplikasi yang akan dibuat, pembuatan program dan tahap terakhir melakukan pengujian. Seiring meningkatnya perkembangan teknologi di bidang kesehatan, maka semakin dibutuhkan aplikasi berbasis online untuk mempermudah pasien maupun klinik dalam proses pendaftaran pasien rawat jalan, untuk mengurangi kedatangan pasien yang berlebihan pada poli spesialis, untuk memudahkan pasien dalam mengecek kuota pendaftar untuk poli yang dituju apakah masih tersedia atau sudah penuh dan untuk mempermudah dokter mendapatkan data riwayat kunjungan pasien dan data rekam medis pasien dan mempermudah pihak klinik dalam menyampaikan informasi mengenai klinik dan dapat diakses masyarakat tanpa terbatas ruang dan waktu.
 
Keywords: Aplikasi Rawat Jalan Online, Metode Waterfall

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Andriansyah, D. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi. Cirebon: CV. ASFA Solution.

Booch, G. (2005). Object Oriented Analysis and Design with Application 2nd Edition. United States of America.

Indarti, & Larasari Dewi. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Pada Klinik Umum Galur Medika Jakarta. Jurnal Teknik Komputer, 4, 71–76. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3549

Kemenkes RI. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2014 TENTANG KLINIK. Jakarta. Retrieved from http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/permen-kesehatan-nomor-9-tahun-2014-tentang-klinik.pdf

Komputer, W. (2014). Panduan Aplikatif & Solusi (PAS) Sistem Informasi Penjualan Online untuk Tugas Akhir. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Komputer, W. (2015). Panduan Aplikatif & Solusi (PAS) Membangun Sistem Informasi dengan Java Neatbeans dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Ladjamudin, A. B. Bin. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms. (2013). Tuntas Adobe Dreamweaver CS6 dengan Pemrograman PHP & MySQL. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Perdana, A. B., Negara, A. B. P., & Irwansyah, M. A. (2016). Rekam Medis Berbasis Website (Strudi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Aljadrie). Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/13888/12444

Saputra, A. (2011). Trik dan Solusi Pemprograman PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sulianta, F., & Umbara, F. R. (2015). Teknik Hebat Merancang Aplikasi Instan dan Berkualitas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suprianto, A., & Matsea, A. A. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI PENDAFTARAN PASIEN ONLINE DAN PEMERIKSAAN DOKTER DI KLINIK PENGOBATAN BERBAS. Jurnal Rekayaasa Informasi, 7, 48–58. Retrieved from https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/222/183

Winarno, E., Zaki, A., & Community, S. (2015). Panduan Lengkap Berinternet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.6013

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.6013.g3335

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License